sunbanner

Pemekaran Kepulauan Riau Menuju Puncak Prestasi atau Akan Jadi Ancaman Bagi Tetangga Terdekat? Malaysia dan Singapura Akan Berdampak?

Pemekaran Kepulauan Riau Menuju Puncak Prestasi atau Akan Jadi Ancaman Bagi Tetangga Terdekat? Malaysia dan Singapura Akan Berdampak?

Ambon Terpinggirkan! 5 Kabupaten Raksasa di Maluku Ini Punya Luas Wilayah Terbesar yang Patut Diketahui, Siapakah yang Menguasai 11.595 Km²?-PEXEL-

 

Pembentukan provinsi baru di Kota Batam juga memiliki tujuan yang mulia. Kabarnya, dengan status provinsi baru, Kota Batam memiliki potensi untuk mengalahkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura dalam hal perkembangan ekonomi dan industri.

Dengan berbagai langkah strategis dan investasi yang diperkuat, Kota Batam diharapkan dapat menjadi kekuatan ekonomi yang lebih besar dalam konteks regional.



Dengan keunggulan ekonomi, infrastruktur yang baik, dan posisinya yang strategis, Kota Batam memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang dan menjadi pusat perdagangan, industri, dan investasi yang menarik.

Baca juga: Klaten Makin Terpuruk! Banyumas Kini Mampu Naik UMK Berkat Berhasil jadi Juara 1 Kabupaten Penghasil Anggur Terbanyak di Jawa Tengah dengan Total 646,88 Kuintal

Usul mengenai adanya kota Batam sebagai provinsi daerah otonomi baru hasil pemekaran Provinsi Kepulauan Riau ini akan berjarak di kota Batam yang mana merupakan Riau yakni kota Tanjung Pinang sejauh 90 kilometer. 





×

Sebelumnya, kota Batam ini memiliki sesuai 1.575 kilometer persegi. Kota Batam ini memiliki sekitar 12 kecamatan dan 64 kelurahan dengan jumlah penduduk 1.196.396 jiwa sesuai data BPS tahun 2020. 

Kota Batam ini juga terdapat lebih besar yang mana hampir 50 persen memiliki jumlah sebesar 2.064 juta jiwa sesuai data BPS tahun 2020 dari Kepualauan Riau. 

Baca juga: Tembak Target Pemekaran Sumsel Barat Sebelum Pilpres 2024, Wilayah Ini Bakal Dijadikan Ibu Kota Daerah Baru dan Ajak Kabupaten Ini Terpisah

Baca juga: Tempat Tinggal Bos Kaya Raya di Kepri Kini Berubah Jadi Kota Mati, Dimana Daerahnya? 

Baca juga: Dukungan Besar Provinsi Baru Pemekaran Sumatera Selatan! Daerah Baru Ini Bakal Ajak Kabupaten Ini Resign dari Wilayah Utama

Selain itU, wilayahnya ini juga terletak di posisi yang cukup yang mana ada sejumlah wilayah yang dekat dengan melalui jalur kapal dan dekat dengan kota Tanjung Pinang. 

Meskipun sebagai ibu kota Provinsi namun bisa terlihat jika kota Batam memiliki tingkat ekonomi yang sangat baik yang mana masuk dalam kawasan yang maju dengan berbagai industrinya. 

Cek pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr