sunbanner

Dua Desa di Kuningan Jawa Barat Ini Terpaksa Terkubur Sebab Buat Bendungan Raksasa Seluas 2000 Ha, Malang! Warganya Harus Lakukan Hal Ini

Dua Desa di Kuningan Jawa Barat Ini Terpaksa Terkubur Sebab Buat Bendungan Raksasa Seluas 2000 Ha, Malang! Warganya Harus Lakukan Hal Ini

ILUSTRASI Pintu Air Berusia 1 Abad di Dam Turipinggir Jombang: Mengintip Peran Vitalnya yang Terlupakan, Kira-kira Buat Apa?-nkululeo/unplash-

Menurut informasi dari laman sda.pu.go.id, Bendungan Kuningan termasuk dalam kategori Proyek Strategis Nasional (PSN), dengan studi terkait pembangunannya dimulai sekitar 35 tahun yang lalu.

Pembangunan Bendungan Kuningan melibatkan pemindahan 444 Kepala Keluarga (KK) dari dua desa yang menjadi lokasi pembangunan, yaitu Desa Randusari dan Kawungsari.



Warga yang terdampak dan harus direlokasi diberikan kompensasi sebesar Rp200 juta hingga Rp1,5 miliar. Proses pembangunan Bendungan Kuningan memerlukan investasi yang signifikan, mencapai total biaya sekitar Rp513 miliar.

Manfaat dari Bendungan Kuningan sangat beragam. Salah satu manfaat utamanya adalah untuk mengairi Daerah Irigasi (DI) seluas 3000 hektar, yang terdiri dari D.I Cileuweung sebesar 1000 hektar dan D.I Jengkelok, Kabupaten Brebes sebesar 2000 hektar.

Tak hanya sebagai alat irigasi, bendungan ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air baku dan pembangkit listrik sebesar 500 KW.





×

Keberadaan Bendungan Kuningan sangat dinantikan oleh masyarakat setempat, terutama karena daerah tersebut sering mengalami banjir pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau.

Baca juga: 5 Pulau dengan Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Ada yang Butuh Waktu 22 Jam Lebih dengan Kecepatan 80 km Per Jam

Baca juga: Waduh Ibu Kota Calon Provinsi Baru Pemekaran Nusa Tenggara Barat Telah Ditentukan, Sumbawa Besar Pilih Berubah Nama Jadi Apa?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr