sunbanner

200 Km dari Manado! Ini Dia Kabupten Terluas di SULUT yang Jadi Ibu Kota Provinsi Baru, Jadi Daerah Terbesar dan Terluas, Warga Setuju Wacana Pemekaran?

200 Km dari Manado! Ini Dia Kabupten Terluas di SULUT yang Jadi Ibu Kota Provinsi Baru, Jadi Daerah Terbesar dan Terluas, Warga Setuju Wacana Pemekaran?

Misteri Pemekaran! Dua Kabupaten di Jawa Tengah Kini Terpisah, Siapa yang Akan Jadi Ibu Provinsi Baru?-UNPLASH-

Salah satu provinsi baru tersebut akan mencaplok kabupaten terluas di Sulawesi Utara yang berjarak sekitar 200 km dari Manado.

Kabupaten tersebut memiliki luas wilayah sebesar 3.269,30 km2, jauh lebih besar dibandingkan dengan wilayah ibukota provinsi, yaitu Manado yang hanya memiliki luas wilayah sebesar 162,06 km2.



Usulan pemekaran ini telah diajukan ke Komisi II DPR RI dan saat ini tinggal menunggu keputusan pusat.

Bahkan, kantor gubernur provinsi baru tersebut sudah direncanakan desain dan pembangunannya, menunjukkan kesiapan yang sudah ada.

Provinsi baru yang akan dimekarkan dari Sulawesi Utara ini diberi nama Bolaang Mongondow Raya, dengan ibu kota provinsi baru akan berada di Kabupaten Bolaang Mongondow yang terletak sekitar 200 km dari Manado.





×

Baca juga: Tempat Tinggal Bos Kaya Raya di Kepri Kini Berubah Jadi Kota Mati, Dimana Daerahnya? 

Baca juga: Dukungan Besar Provinsi Baru Pemekaran Sumatera Selatan! Daerah Baru Ini Bakal Ajak Kabupaten Ini Resign dari Wilayah Utama

Baca juga: Mall Terpanjang di Indonesia Ada di Daerah ini! Cek 4 Pusat Belanja Terbesar dan Terluas di Manado yang Jadi Sasaran Turis Lokal dan Luar

Rencananya, ada 5 daerah yang akan bergabung dengan Provinsi Bolaang Mongondow Raya. Jika dijumlahkan, luas provinsi baru hasil pemekaran Sulawesi Utara ini akan mencapai 13.892,47 km2. Sedangkan jumlah penduduknya diperkirakan mencapai 626.375 jiwa berdasarkan data BPS tahun 2022.

Simak pada halaman berikutnya, ada daftar peringkat pertama hingga terakhir,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr