sunbanner

5 Kota dan Kabupaten Terdingin di Kalimantan Timur, Juaranya Daerah Hasil Pemekaran Kutai 1999

5 Kota dan Kabupaten Terdingin di Kalimantan Timur, Juaranya Daerah Hasil Pemekaran Kutai 1999

Simak! Pemekaran Terbaru di Riau Hilangkan Daerah Lama! Kabupaten Baru Muncul, Apa yang Tersembunyi di Balik 13.408,72 Km2 Wilayah Baru?-UNPLASH-

3. Kabupaten Penajam Paser Utara

Peringkat ketiga ditempati oleh Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai daerah terdingin di Kalimantan Timur.

Dengan ketinggian 37,75 meter di atas permukaan laut, wilayah ini mengalahkan Kutai Kertanegara dalam hal kejelian suhu. Keberadaannya di posisi ini memberikan pengalaman iklim yang unik di Kalimantan Timur.

2. Kota Bontang



Kota Bontang meraih peringkat kedua sebagai daerah terdingin di Kalimantan Timur, segera setelah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Berada di ketinggian 47,73 meter di atas permukaan laut, kota ini mendominasi delapan daerah lainnya dalam hal kesejukan udara. Penghuninya dapat menikmati iklim yang sedikit lebih dingin.

1. Kabupaten Kutai Barat

Puncak prestasi sebagai daerah terdingin di Kalimantan Timur dipegang oleh Kabupaten Kutai Barat, yang terletak pada ketinggian mencapai 174,63 meter di atas permukaan laut.





×

Perbedaan signifikan ini menandai Kutai Barat sebagai tempat dengan suhu rendah yang mencolok di provinsi ini.

Kutai Barat sendiri merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai, diresmikan melalui UU Nomor 47 Tahun 1999.

Bahkan, pada tahun 2013, wilayah ini terus berkembang dengan pemekaran baru menjadi Kabupaten Mahakam Ulu. Transformasi ini menciptakan peta suhu yang semakin beragam di Kalimantan Timur.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr