sunbanner

100 Km dari Samarinda, Kota Kecil yang Akan Menjadi Ibu kota Klimantan Timur, Apakah Kamu Tahu Namanya?

100 Km dari Samarinda, Kota Kecil yang Akan Menjadi Ibu kota Klimantan Timur, Apakah Kamu Tahu Namanya?

Sempitnya! Mengapa Kecamatan Purwokerto Barat Menjadi Sorotan Utama? Inilah 5 Daerah Tersempit di Banyumas-Berbagai Sumber-

Provinsi hasil pemekaran ini direncanakan akan terdiri dari empat kabupaten atau kota. Mengingat masih kurang satu daerah, muncul ide untuk memekarkan salah satu kabupaten atau kota yang sudah ada.

Jika perubahan ini terealisasi, provinsi baru yang muncul dari pemekaran Kalimantan Timur ini akan diberi nama Kalimantan Tenggara.



Beberapa daerah yang diusulkan untuk menjadi bagian dari Kalimantan Tenggara mencakup Balikpapan, Tanah Bambu, Penajam Paser Utara, dan Paser. Dari sisi fasilitas, Balikpapan diusulkan sebagai ibukota karena memiliki infrastruktur yang paling lengkap.

Meskipun demikian, usulan ini menemui penolakan dari beberapa pihak, termasuk mantan Ketua DPRD Balikpapan, Andi Burhanuddin Solong.

Menurutnya, pemekaran Kalimantan Timur membutuhkan dana yang signifikan, sehingga dianggap tidak perlu dilakukan. Selain itu, dia mencatat adanya elemen politis yang cukup kuat dalam usulan tersebut.





×

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr