sunbanner

Kece Parah! Jika Isu Pemekaran Jawa Timur Ini Benar Terjadi, Provinsi Blambangan Bakal Gaet Banyuwangi dan Jember Sekaligus, Surabaya Gelisah?

Kece Parah! Jika Isu Pemekaran Jawa Timur Ini Benar Terjadi, Provinsi Blambangan Bakal Gaet Banyuwangi dan Jember Sekaligus, Surabaya Gelisah?

Surabaya-Pemerintah Kota Surabaya -

Saat ini, Provinsi Jawa Timur memiliki luas wilayah mencapai 48.033 kilometer persegi, terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota otonom.

Penduduknya mencapai 41.144.067 jiwa berdasarkan hasil sensus penduduk BPS tahun 2022.



Tujuan utama dari pemekaran wilayah ini adalah untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan memperpendek rentang kendali birokrasi pemerintahan.

Rencana pembentukan 4 provinsi baru dalam pemekaran wilayah Provinsi Jawa Timur mencakup:

Provinsi Mataraman atau Provinsi Jawa Selatan:





×

Usulan ini melibatkan 13 kabupaten dan kota, antara lain Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Ngawi. Rencana ibukota Provinsi Mataraman atau Provinsi Jawa Selatan berada di Kabupaten Kediri.

Provinsi Blambangan:

Usulan ini melibatkan 7 kabupaten dan kota yang siap bergabung, seperti Kabupaten Jember yang juga menjadi calon ibukota Provinsi Blambangan. Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Situbondo juga menjadi bagian dari rencana ini.

Baca juga: Kudus Kota Wali Rupanya Menyimpan Desa di Atas Awan dengan 3 Wahana Wisata dan Ketinggian Mencapai 1627 Mdpl

Baca juga: Pilihan Strategis Calon Ibu Kota Pemekaran Kalimatan Utara, Provinsi Baru Ini Pilih Long Nawang! Gak Nyangka, Ini Alasannya dan Kabupaten yang Bergabung

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr