sunbanner

Tapanuli Tengah Segera Singkirkan Padang daru Sumatera Utara Usai Diketahui Menyimpan Jejak Sejarah Belanda Lewat Sebuah Benteng Luasnya 2.675 m2

Tapanuli Tengah Segera Singkirkan Padang daru Sumatera Utara Usai Diketahui Menyimpan Jejak Sejarah Belanda Lewat Sebuah Benteng Luasnya 2.675 m2

benteng-Momentmal/pixabay-

Salah satu situs bersejarah yang patut dikunjungi adalah Benteng Barus di Kelurahan Padang Masiang, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Benteng Barus, begitu namanya, adalah peninggalan bersejarah yang konon berasal dari jaman pemerintahan Belanda dan Portugis.



Luasnya mencapai sekitar 2.675 m2, menariknya, benteng ini terletak sangat dekat dengan pasar dan dapat dicapai hanya dengan berjalan kaki selama sekitar 15 menit dari Pasar Barus.

Meski begitu, melihat lebih dekat, beberapa bagian dari dinding benteng sudah tampak retak, bahkan ada material yang terlepas.

Bagian dalamnya pun sudah ditumbuhi semak belukar, memberikan kesan misterius pada peninggalan sejarah ini.





×

Menurut catatan dalam Staatsblad van Nederlandsch Indie, pada tahun 1857, terdapat sebuah bangunan pertahanan di daerah Barus.

Namun, seiring waktu, sekitar tahun 1902, bangunan itu tidak lagi tercatat sebagai bangunan pertahanan permanen.

Setelah 45 tahun berdiri, bangunan tersebut kemudian digantikan oleh Benteng Barus yang kita kenal saat ini.

Baca juga: KABAR TERBARU! Kabar Pemekaran Jawa Timur Kini Berjumlah 4 Provinsi Baru: Provinsi Mataraman Bikin Nangis Jawa Tengah, Mengapa?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr