sunbanner

Hak Istimewa Akan Diberikan Pada 3 Kecamatan di Jawa Barat yang Sebentar Lagi Bakal Jadi Calon Kota Baru, Bogor dan Sukabumi Gak Boleh Iri

Hak Istimewa Akan Diberikan Pada 3 Kecamatan di Jawa Barat yang Sebentar Lagi Bakal Jadi Calon Kota Baru, Bogor dan Sukabumi Gak Boleh Iri

daerah-nathan-dumla/unplash-

Sebelumnya, 17 daerah telah menyatakan kesiapannya untuk menjadi DOB dan sedang mengajukan proses pemekaran.

Gubernur Ridwan Kamil mengusulkan tiga calon DOB, yang saat ini sedang dalam tahap pengajuan setelah memenuhi syarat administrasi di tingkat provinsi.



Proses berikutnya melibatkan pengajuan berkas usulan tiga calon kota baru di Jawa Barat kepada Kementerian Dalam Negeri untuk evaluasi lebih lanjut.

Namun, langkah ini masih terkendala moratorium pemekaran daerah yang belum dicabut oleh pemerintah pusat.

Meskipun begitu, daerah induk diminta untuk tetap mengoptimalkan kapasitasnya sambil menunggu pencabutan moratorium.





×

Baca juga: Proyek Kebangaan IKN! Jalan Tol Sepanjang 47 Km Ini Bakal Dibuat di Bawah Laut Penghubung Penajaman Paser Utara dan Kutai Kartanegara

Baca juga: Dua Provinsi Baru Siap Dirilis di Jawa Barat! Gimana Nasib Bogor dan Cirebon? Info Usulan Pemekaran Provinsi, Apa Namanya?

Berikut adalah tiga calon kota baru dalam pemekaran Jawa Barat:

Kota Cipanas

Kota Cipanas direncanakan untuk dimekarkan dari Kabupaten Cianjur, melibatkan lima kecamatan: Cikalongkulon, Sukaresmi, Cipanas, Pacet, dan Cugenang. Prosesnya saat ini sedang diajukan ke DPRD Cianjur untuk persetujuan. Jika disetujui, Kota Cipanas akan menjadi kota terluas di Jawa Barat, dan DPRD Cianjur telah menilai bahwa pemekaran ini layak dari segi jumlah penduduk dan luas wilayah.

Kota Cikampek

Pemekaran Kota Cikampek dari Kabupaten Karawang melibatkan tujuh kecamatan: Cimalaya Wetan, Banyusari, Jatisari, Tirtamulia, Kotabaru, Cikampek, dan Purwasari. Dalam sebuah pertemuan, Komite PP DOB Kota Cikampek membahas pemekaran ini. Proses ini masih dalam tahap perencanaan, dan penilaian pemerintah pusat akan dilakukan setelah syarat dasar terpenuhi.

Baca juga: Kulon Progo Segera Salib Yogyakarta jadi Daerah Istimewa! Usai Terdapat Surga Durian Tersembunyi dengan Presentasi 54.694 Kuintal Kalahkan Sleman

Baca juga: Rahasia Tersembunyi! 5 Kabupaten Terkaya di Jateng! Punya Luas Wilayah 425 Km Ini Jadi yang Rangking 1?

Kota Lembang

Kota Lembang akan dimekarkan dari Kabupaten Bandung Barat, melibatkan tiga kecamatan: Cisarua, Lembang, dan Parongpong. Untuk memenuhi syarat administrasi, Kecamatan Lembang direncanakan akan dibagi menjadi dua, yakni Lembang dan Maribaya. Inisiatif ini mendapat dukungan dari inisiator Komite Pemekaran Kabupaten Bandung Utara, Agoeng Darsono, yang menyambut baik keinginan Gubernur Ridwan Kamil untuk melakukan pemekaran wilayah di Jawa Barat.

Dengan inisiatif ini, Jawa Barat terus menggali potensi pemekaran sebagai langkah strategis untuk pemerataan pembangunan dan pelayanan masyarakat yang lebih optimal.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr