sunbanner

3 Daerah Ini Siap Keluar dari Banten Jika Provinsi Baru Ini Siap Terbentuk! Kabupaten Tangerang Dapat Bisikan Bakal Jadi Calon Ibu Kotanya, Benarkah?

3 Daerah Ini Siap Keluar dari Banten Jika Provinsi Baru Ini Siap Terbentuk! Kabupaten Tangerang Dapat Bisikan Bakal Jadi Calon Ibu Kotanya, Benarkah?

Masjid Agung Banten Lama -kemdikbud.go.id-

Dengan penambahan daerah otonomi baru, Provinsi Banten berharap dapat lebih efisien dalam mengelola sumber daya dan pelayanan publik.

Pembentukan Provinsi Tangerang Raya diharapkan menjadi tonggak sejarah baru dalam pembangunan dan perluasan wilayah di Indonesia.



Langkah ini juga menjadi indikator penting bagi provinsi-provinsi lain di Indonesia, termasuk Provinsi Jawa Barat, yang memiliki rencana serupa. Provinsi Jawa Barat bahkan telah menyiapkan 17 kabupaten/kota sebagai daerah otonomi baru, termasuk Kabupaten Cianjur yang berencana memekarkan diri menjadi Kabupaten Cianjur Selatan dan Kota Cipanas.

Kabupaten Cianjur, yang memiliki luas wilayah sekitar 3,16 ribu kilometer persegi dan populasi lebih dari 3 juta jiwa, menjadi salah satu potensi provinsi baru.

Baca juga: Pingin Pisah Minahasa, Lowongan Siap Bentuk 4 Kabupaten Baru di Sulawesi Utara





×

Baca juga: Pilihan Strategis Calon Ibu Kota Pemekaran Kalimatan Utara, Provinsi Baru Ini Pilih Long Nawang! Gak Nyangka, Ini Alasannya dan Kabupaten yang Bergabung

Meskipun pemekaran wilayah di Indonesia masih menjadi isu kontroversial, inisiatif ini memiliki berbagai keuntungan, mulai dari efisiensi administrasi, pemerataan pembangunan, hingga peningkatan layanan publik.

Namun, keberhasilannya akan sangat bergantung pada implementasi dan supervisi yang ketat dari semua pihak yang terlibat, termasuk pemerintah pusat.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr