sunbanner

Ada Daerah yang Ganti Nama dan Dihapuskan? Pemekaran Kalimantan Selatan Guncang Warga, Ibu Kota Pindah hingga Status Kota dan Kabupaten BERUBAH!

Ada Daerah yang Ganti Nama dan Dihapuskan? Pemekaran Kalimantan Selatan Guncang Warga, Ibu Kota Pindah hingga Status Kota dan Kabupaten BERUBAH!

Lega Pol! 5 KabuIbu Kota Bangka Belitung Pindah Jika Wilayah Dimekarkan? Daerah seluas 3.028,794 Km2 Makin Maju dan Berkembang Pesat, Cek Kebenarannya Berikutaten Terluas di Maluku, Ambon Tersingkir dengan Daerah-daerah Super Besar Ini, Juaranya 11.595 Km-pexel-

Provinsi Kalimantan Selatan merayakan Hari Jadi pada tanggal 14 Agustus 1950, yang menandai berdirinya provinsi ini setelah Republik Indonesia Serikat (RIS) dibubarkan.

Di bawah kepemimpinan Gubernur Dokter Moerjani, provinsi ini menjadi entitas yang terpisah, sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah RIS No. 21 Tahun 1950.

Rencana Pemekaran Wilayah Kalimantan Selatan



Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), salah satu entitas provinsi di pulau Kalimantan, Indonesia, kini tengah mengembangkan strategi pemekaran wilayahnya.

Rencana ini melibatkan pembentukan tiga Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB), yang masing-masing memiliki karakteristik dan potensi yang unik.

Pertama-tama, terdapat Gambut Raya, yang diusulkan sebagai calon ibu kota di Gambut. Wilayah ini mencakup beberapa kecamatan, seperti Gambut, Sungai Tabuk, Kertak Hanyar, Aluh-Aluh, Beruntung Baru, dan Tatah Makmur. Keberadaan daerah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan dan karakteristik provinsi.





×

Baca juga: Pemekaran Jawa Barat Bakal Tunjuk Kecamatan Ini Jadi Calon Kota Baru! Salah Satunya Kota Terluas Ini Bisa Buat Iri Bandung

Baca juga: Pulomerak dan Grogol Akan Keluar dari Jawa Barat Usai Kalah Telak dengan Ciwandan yang Berhasil Jadi Juara 1 Wilayah Terluas di Cilegon Capai 34,20 KM2

Selanjutnya, Pulau Laut Kepulauan menjadi calon dengan ibu kota yang belum ditentukan. Wilayah ini mencakup beberapa kecamatan, yakni Pulau Laut Kepulauan, Pulau Laut Barat, Pulau Laut Selatan, Pulau Laut Tanjung Selayar, dan Pulau Sembilan. Identifikasi ibu kota masih dalam proses penentuan, namun potensi unik dari pulau-pulau ini menjadi pertimbangan dalam pengembangan pemekaran.

Terakhir, Tanah Kambatang Lima, yang memiliki calon ibu kota di antara Kelumpang Hulu, Kelumpang Barat, atau Sungai Durian. Wilayah ini mencakup beberapa kecamatan, termasuk Pamukan Utara, Pamukan Selatan, Pamukan Barat, Sungai Durian, Kelumpang Barat, Kelumpang Hulu, Kelumpang Tengah, Kelumpang Utara, Kelumpang Selatan, Kelumpang Hilir, Sampanahan, dan Hampang. Keberagaman kecamatan ini diharapkan dapat menghasilkan potensi yang mendukung perkembangan wilayah.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr