sunbanner

Warga SURAKARTA Ketar-ketir! Inilah 3 Wilayah Pemekaran Jawa Tengah, Ada BREBES hingga TEGAL di Dalamnya, Bakal Masuk Provinsi Mana?

Warga SURAKARTA Ketar-ketir! Inilah 3 Wilayah Pemekaran Jawa Tengah, Ada BREBES hingga TEGAL di Dalamnya, Bakal Masuk Provinsi Mana?

Pemekaran Kabupaten Sulawesi Tenggara Mendebarkan dengan 3.391,62 Km² Wilayah Baru Jadi Titik Awal Perubahan dan Peradaban Baru?-unplash-

1. Provinsi Daerah Istimewa Surakarta 

Rencana pemekaran wilayah menjadi Provinsi Daerah Istimewa Surakarta (DIS) menggambarkan suatu upaya pengembangan administratif yang mencakup sejumlah kota dan kabupaten di Soloraya.

Daerah ini merangkum Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sragen, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Wonogiri.



Terlebih, dalam konteks penetapan ibu kota sebagai pusat pemerintahan provinsi yang baru, terdapat usulan dan wacana yang mengarah kepada Kota Surakarta atau lebih dikenal sebagai Solo.

Baca juga: Sambut Libur Nataru! Sumatera Utara Resmikan 2 Jalan Tol Baru Tanpa Biaya Tarif Alias GRATIS!

Baca juga: Bengkulu Makin Bergairah! UMK Fix Naik Menjadi 1,5 Persen di Tahun 2024 Mencapai Angka Hampir 2 Dijit?

2. Provinsi Banyumasan





×

Kajian terkait pemekaran wilayah dengan konsep Provinsi Banyumasan mencerminkan niatan untuk merangkul sejumlah kota dan kabupaten, yang meliputi Purwokerto, Brebes, Tegal, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen.

Rencana ini bertujuan mengembangkan administrasi secara lebih terperinci di wilayah tersebut, memberikan perhatian khusus pada aspek pengelolaan dan pelayanan publik.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr