sunbanner

MANADO Siap Pisah dari Sulawesi Utara? Temukan 2 Calon Provinsi Baru yang Bakal Muncul Gantikan Manado?

MANADO Siap Pisah dari Sulawesi Utara? Temukan 2 Calon Provinsi Baru yang Bakal Muncul Gantikan Manado?

Makin Sempit? Benarkah Kabupaten Baru Muncul di Konawe Sulawesi Tenggara? Punya Luas Tanah 705,7 Km2 Apa Rahasianya?-UNPLASH-

Provinsi Nusa Utara, yang diusulkan untuk dimekarkan dari wilayah Provinsi Sulawesi Utara, direncanakan akan terbentuk dengan melibatkan 5 Kabupaten atau Kota.

Kelima entitas tersebut adalah Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro, Kabupaten Kepulauan Talaud Selatan, dan Kota Tahuna. Sebagai langkah awal, rencananya Ibu Kota Provinsi Nusa Utara akan berlokasi di Kota Tahuna.



Sementara itu, Provinsi Bolaang Mongondow Raya, yang juga diajukan untuk dimekarkan dari Provinsi Sulawesi Utara, diharapkan akan mencakup wilayah yang terdiri dari 5 Kabupaten atau Kota.

Baca juga: Penduduk GARUT Waspada Siaga 1! Terungkap 3 Calon Daerah Baru di Jawa Barat, Ada Kota hingga Kabupaten yang Bakal Tenggelam!

Baca juga: Pemekaran Sulawesi Selatan Ini Buat Dua Daerah Siap Jadi Kabupaten Baru! Luwu Tengah dan Bone Selatan Bakal Daerah Terkaya Sumsel





×

Baca juga: BREBES-TEGAL Bergabung dengan Provinsi Baru? SURAKARTA Punya 3 Usulan Pemekaran yang Bikin Penasaran, Rumahmu Masuk Mana?

Komponen-komponen tersebut adalah Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan Kota Kotamobagu.

Sejalan dengan itu, rencananya Ibu Kota Provinsi Bolaang Mongondow Raya akan ditempatkan di Kota Kotamobagu.

Perlu dicatat bahwa hingga saat ini, upaya pemekaran kedua provinsi baru dari Provinsi Sulawesi Utara masih dalam tahap wacana belaka.

Proses pemekaran sendiri memerlukan prosedur yang kompleks dan harus mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr