sunbanner

Bendungan Terbesar di Banjar Tenggelamkan 9 Desa Sekaligus? Namanya Berubah Jadi Gubernur dan Menteri, Penasaran Kenapa?

Bendungan Terbesar di Banjar Tenggelamkan 9 Desa Sekaligus? Namanya Berubah Jadi Gubernur dan Menteri, Penasaran Kenapa?

Saking Semangatnya, Lombok Barat Dimekarkan Berkat Desakan Warga, Hasilkan Daerah dan Kabupaten ini, Sudah Tahu Belum?-PEXEL-

Soekarno, akhirnya diresmikan pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto, menandakan keberlanjutan dan kesinambungan pembangunan infrastruktur di era tersebut.

Bendungan ini, yang merupakan salah satu dari bendungan terbesar di Kalimantan Selatan, terletak di kawasan Aranio, Banjar.



Informasi ini dapat dipercayai, mengingat sumbernya berasal dari laman YouTube Bacangkal Maharagu Banua, yang kredibel dalam menyajikan informasi seputar perkembangan di daerah tersebut.

Danau buatan yang dikenal sebagai Bendungan Riam Kanan ini mulai dibangun pada tahun 1958. Pembangunan dimulai setelah melakukan eksplorasi awal pada tahun 1958, tepatnya pada tahun 1963. Proyek ini melibatkan berbagai kontraktor, dengan kolaborasi pekerja Indonesia dan Jepang.

Baca juga: Proyek Jalan Layang di Jakarta Utara Ini Mangkrak Meski Dibangun Tahun 2015, Bikin Miris! Sudah Terbentuk Sepanjang 10,1 Kilometer





×

Baca juga: Hempaskan Kota dan Kabujpaten Lama? Gebrakan Pemekaran Batam Buat Calon Provinsi Baru Bersiap Bangkit, Ada Kabupaten Apa Saja?

Baca juga: Bandara Megah Baru di Papua Ini Berhasil Usung Konsep Hutan Hujan Tropis! Habiskan Dana Rp 671 Milliar, Bikin Melongo Lihatnya!

Sebelum proses pembangunan bendungan dimulai, tahap awalnya adalah pembangunan jalan sepanjang 25 kilometer pada tahun 1963-1964. Tahap ini berhasil diselesaikan pada tahun 1966.

Selanjutnya, dilakukan pembangunan terowongan air yang rampung pada tahun 1969. Pada tanggal 18 Juli 1969, air dari Sungai Riam Kanan pertama kali mengalir ke terowongan pengalih.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr