sunbanner

Jawa Tengah Diprediksi Bisa Kalahkan Jakarta Perihal Teknologi Modern Masa Kini, Rel Layang Pertama di Indonesia Ini Bakal Dibuat Tahun 2024 Mendatang

Jawa Tengah Diprediksi Bisa Kalahkan Jakarta Perihal Teknologi Modern Masa Kini, Rel Layang Pertama di Indonesia Ini Bakal Dibuat Tahun 2024 Mendatang

rel layang-anthony-fomin/unplash-

Simpang Joglo memiliki posisi strategis sebagai jalur logistik nasional non-tol yang menghubungkan Surabaya dan Jakarta. Di sini, berbagai jenis kereta api melintas, termasuk Kereta Jarak Jauh (penumpang dan barang), Kereta Bandara Adi Sumarmo (BIAS), dan Kereta Komuter Solo-Jogja.

Pembangunan Rel Layang Simpang Joglo telah dimulai sejak 8 Januari 2022 dan dijadwalkan untuk beroperasi pada Juni 2024 mendatang. Proyek ini mendapat dukungan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Perhubungan senilai Rp920 miliar.



Rel Layang Simpang Joglo ini memiliki desain yang unik dengan bentang sepanjang 270 meter, menjadikannya sebagai rel layang terpanjang di Indonesia. Teknologi konstruksi yang digunakan merupakan yang paling mutakhir, bahkan perdana digunakan di Asia Tenggara. Struktur rel layang menggunakan baja pipa, berbeda dengan konstruksi baja padat pada umumnya, dan tidak menggunakan baut, melainkan sistem las.

Pengelasan rangka utama rel layang dilakukan pada ketinggian hingga 40 meter dari permukaan tanah. Proyek ini melibatkan Welder khusus yang bersertifikat 6G atau All Position untuk memastikan sambungan las yang optimal. Setiap sambungan baja pipa juga menjalani 100% Ultrasonic Test demi menjaga mutu pekerjaan.

Rel Layang Simpang Joglo merupakan bagian dari mega proyek pembangunan rel ganda kereta api Solo-Semarang, dengan Fase 1 melibatkan segmen Solo Balapan-Kalioso sepanjang 10 kilometer. Inisiatif ini menjadi langkah besar untuk meningkatkan efisiensi transportasi kereta api dan mengurangi tingkat kemacetan di kawasan strategis tersebut.





×

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr