sunbanner

Super WOW! Bendungan Megah di Jabar Telan Rp2 Triliun, Dibangun dengan Gagah dan Kokoh, Mampu Tampung Air Kapasitas Besar di Atas Lahan 1.315 Ha

Super WOW! Bendungan Megah di Jabar Telan Rp2 Triliun, Dibangun dengan Gagah dan Kokoh, Mampu Tampung Air Kapasitas Besar di Atas Lahan 1.315 Ha

ILUSTRASI Tanggul Terbesar di Palu Telan Dana Rp250 Miliar dengan Panjang 750M, Bakal Jadi Tembok Penghalang Tsunami Terkuat di Indonesia?-PEXEL-

Daya tampung yang mencolok ini memberikan dampak positif signifikan, khususnya dalam mendukung sistem irigasi pertanian dan menyediakan sumber air baku di kawasan segitiga Cirebon-Patimban-Kertajati (Rebana).

Lebih lanjut, rencana pengembangan bendungan ini mencakup peningkatan pasokan air irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Indramayu seluas 9.273 hektare.



Diharapkan, dukungan air irigasi yang disediakan akan mampu meningkatkan produktivitas pertanian, memungkinkan para petani untuk melakukan dua atau tiga kali panen dalam satu tahun.

Selain itu, bendungan ini diantisipasi dapat memenuhi kebutuhan air baku sebanyak 850 liter per detik untuk wilayah Rebana dan sekitar permukiman.

Baca juga: Proyek Jalan Layang di Jakarta Utara Ini Mangkrak Meski Dibangun Tahun 2015, Bikin Miris! Sudah Terbentuk Sepanjang 10,1 Kilometer





×

Baca juga: Hempaskan Kota dan Kabujpaten Lama? Gebrakan Pemekaran Batam Buat Calon Provinsi Baru Bersiap Bangkit, Ada Kabupaten Apa Saja?

Baca juga: Bandara Megah Baru di Papua Ini Berhasil Usung Konsep Hutan Hujan Tropis! Habiskan Dana Rp 671 Milliar, Bikin Melongo Lihatnya!

Secara rinci, desain bendungan ini mencakup tinggi konstruksi sebesar 71,60 meter dengan tipe urugan inti tegak.

Luas genangan yang dihasilkan mencapai 1.315,95 hektar, yang juga dimanfaatkan sebagai reservoir pengendali banjir di wilayah Indramayu dan sekitarnya. Proyeksi dampak positif lainnya termasuk pengurangan debit banjir hingga 487,75 m3 per detik.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr