sunbanner

Bukan Waduk Jatigede! Bendungan di Jawa Barat Ini Sampai Rela Tenggelamkan 14 Desa, Rumah Saudaramu di Sini Juga?

Bukan Waduk Jatigede! Bendungan di Jawa Barat Ini Sampai Rela Tenggelamkan 14 Desa, Rumah Saudaramu di Sini Juga?

Jawa Tengah Bergoncang: Bendungan Terbesar Mengancam 37 Desa Tengelam dan Lenyap, Biaya Mencapai US$ 283,1 Juta!-UNPLASH-

Menurut sumber dari kanal Youtube Update Pro, bendungan raksasa yang dimaksud dalam konteks ini adalah Waduk Jatiluhur. Waduk yang juga dikenal sebagai Waduk Ir. H. Juanda ini berlokasi di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Pembangunan Waduk Jatiluhur dimulai pada tahun 1957 dan mulai beroperasi pada tahun 1967 setelah sepuluh tahun masa pembangunan. Proyek ini, selama tahap konstruksinya, menyebabkan tenggelamnya setidaknya 14 desa di sekitar area pembangunan.



Waduk Jatiluhur mencatat sejarah sebagai bendungan terbesar pertama di Indonesia, dengan kapasitas potensial mencapai 12,9 miliar meter kubik per tahun.

Selain prestasinya sebagai bendungan terbesar, Waduk Jatiluhur juga mencatat prestasi sebagai waduk serbaguna pertama di Indonesia.

Berbagai fungsi penting tergabung dalam satu konsep, seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dengan enam turbin berkapasitas 187 MW yang dikelola oleh Jasa Tirta II.





×

Baca juga: Jembatan Megah di Kediri Ini Awal Mula Kebangkitan Jawa Timur, Terbentang Sepanjang 133 Km Habiskan Dana Berapa?

Baca juga: Munjungan Unggul! Dongko Menempati Peringkat Berapa dari 6 Kecamatan Terluas di Trenggalek?

Baca juga: Kantor Bupati Termegah di Jambi Ini Siapa Sangka Ternyata Bekas Lahan Stadion Ternama Seluas 200 Ha, Jaraknya Hanya 256 Km dari Ibu Kota Provinsi

Namun, tidak hanya berfokus pada aspek kelistrikan, Waduk Jatiluhur juga berperan sebagai penyedia air irigasi, bahan baku air minum, tempat budidaya perikanan, dan sebagai alat pengendali banjir.

Keistimewaan Waduk Jatiluhur tidak berhenti di situ. Waduk ini ternyata juga memiliki potensi wisata yang signifikan.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr