sunbanner

Penduduk Terbanyak di 5 Kecamatan Jombang Bikin Kaget, Dihuji Ribuan Jiwa per KM, Juaranya Kecamatan Tembelang, Ngoro, Mojoagung atau Perak?

Penduduk Terbanyak di 5 Kecamatan Jombang Bikin Kaget, Dihuji Ribuan Jiwa per KM, Juaranya Kecamatan Tembelang, Ngoro, Mojoagung atau Perak?

Kota Santri Jombang Dekat dengan Daerah Mana Saja? Berikut 4 Destinasi Seru di Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi!-PEXEL-

Mengutip data populasi Kabupaten Jombang, Kecamatan Jombang menonjol dengan jumlah penduduk yang melampaui kecamatan-kecamatan lainnya.

Penduduk di Kecamatan Jombang mencapai angka 176.219 jiwa, dengan tingkat kepadatan mencapai 2.577 jiwa per kilometer persegi.



Sebagai pusat administrasi dan perekonomian di Kabupaten Jombang, Kecamatan Jombang memiliki daya tarik yang wajar dengan adanya berbagai fasilitas dan infrastruktur, seperti kantor pemerintahan, pasar, dan pusat perbelanjaan.

Meski demikian, tingkat kepadatan penduduk yang tinggi di Kecamatan Jombang juga membawa sejumlah tantangan, seperti manajemen lahan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Oleh karena itu, perlu diingat bahwa pemerintah setempat memiliki tanggung jawab untuk menjaga keseimbangan antara pertumbuhan penduduk dan ketersediaan fasilitas serta layanan publik yang memadai.





×

Dengan demikian, Kecamatan Jombang dapat diposisikan sebagai kecamatan dengan kepadatan penduduk tertinggi, berdasarkan data jumlah penduduk dan tingkat kepadatan penduduk di Kabupaten Jombang.

Berdasarkan sumber dari jombangbps.go.id, terdapat empat kecamatan dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi di Kabupaten Jombang yang dapat disebutkan sebagai berikut:

1. Kecamatan Jombang

Kecamatan Jombang menduduki peringkat pertama sebagai daerah paling padat di Kabupaten Jombang. Pada tahun 2022, kecamatan ini memiliki tingkat kepadatan penduduk sebesar 3.839 jiwa per kilometer persegi.

Baca juga: 5 Pantai Dekat dari Jombang yang Mirip Sunset di Bali, Ada Tanah Lot Versi Jawa Timur! Cuma Beberapa KM dari Kabupaten

Baca juga: Kedungpring dan Modo Mulai Kesal Tak Terima Gagal jadi Juara Pertama Kecamatan Penghasil Padi Terbesar di Lamongan, Nomor 1 Hasilkan 96.091 Ton

2. Kecamatan Jogoroto

Kecamatan Jogoroto berada di peringkat kedua sebagai daerah dengan kepadatan penduduk tertinggi di Kabupaten Jombang. Pada tahun 2022, kecamatan ini memiliki tingkat kepadatan penduduk mencapai 2.548 jiwa per kilometer persegi.

Simak 2 kecamatan berikutnya ada pada halaman selanjutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr