sunbanner

Jembatan Bersejarah Jakarta yang Paling Kuno dan Tertua: Dari VOC 1628 Hingga Kini, Mengungkap Misteri Gonta-ganti Nama yang Menarik!

Jembatan Bersejarah Jakarta yang Paling Kuno dan Tertua: Dari VOC 1628 Hingga Kini, Mengungkap Misteri Gonta-ganti Nama yang Menarik!

Terpanjang 75,82 KM! Jalan Tol JOGJA-Bawean Bakal Suguhkan Pengalaman Mengendara Makin Menawan, Warga Dapat Lewati 2 Terowongan Raksasa?-PEXEL-

Jembatan ini memiliki jenis khusus, yakni jembatan gantung, yang pada zamannya merupakan satu-satunya struktur semacam itu.

Dikutip dari informasi yang tersedia di laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, nama "Jembatan Pasar Ayam" diambil dari nama pasar yang berlokasi dekat dengan jembatan tersebut.



Pada tahun 1655, jembatan ini mengalami perubahan nama kembali menjadi "Jembatan Pusat" setelah mengalami perbaikan akibat banjir.

Pasca-proklamasi kemerdekaan, jembatan ini mengalami perubahan nama sekali lagi menjadi "Jembatan Kota Intan," sesuai dengan lokasinya.

Baca juga: 4 Daftar Sultan di Kalsel! Siapa Saja Pengusaha Kaya Raya di Kalimantan Selatan yang Jarang Tersorot? Ternyata Bukan Hanya Haji Isam!





×

Baca juga: Pacitan Segera Bergabung dengan Ponorogo? Demi Air Terjun dengan Ketinggian 50 Meter ini Punya Pemandangan Gunung Sewu yang Indah Bak Negeri di Atas Awan

Baca juga: Mangkanya Sesek Banget! Inilah 5 Kecamatan Penduduk Terbanyak di Kabupate Jombang, Rumahnya Berdesakan, Apakah Daerah Rumahmu yang Juaranya?

Saat ini, pengelolaan Jembatan Kota Intan dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Daerah Khusus Ibukota Jakarta, yang bertanggung jawab menjaga dan mempromosikan warisan budaya ini bagi masyarakat umum.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr