sunbanner

Isu Munculnya 4 Provinsi Baru di Banten Bikin Ibu Kota Dirombak dan Berubah? Bakal Ditaruh di Kota atau Kabupaten? Apakah Daerah Anda Terkena Dampaknya?

Isu Munculnya 4 Provinsi Baru di Banten Bikin Ibu Kota Dirombak dan Berubah? Bakal Ditaruh di Kota atau Kabupaten? Apakah Daerah Anda Terkena Dampaknya?

Pesona Baru Riau Hasil Pemekaran! Kota Baru Diresmikan 20 April, Wilayah Luas 2.059 Km² Terbentuk: Hanya 176 Km dari Pekanbaru!-pexel-

Luas wilayah Provinsi Banten mencapai 9.663 km persegi, dengan Kabupaten Lebak memiliki luas terluas yaitu 3.312,180 km persegi.

Namun, kabupaten dan kota mana saja yang dikabarkan ingin memisahkan diri dari provinsi ini?



Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang Utara, dan Kota Tangerang Tengah dikabarkan akan membentuk provinsi baru yang diberi nama Tangerang Raya.

Kota Tangerang Tengah dan Kabupaten Tangerang Utara merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tangerang.

Pemerintah daerah disebut-sebut telah merencanakan pembentukan Kota Tangerang Tengah yang terdiri dari beberapa kecamatan seperti Cisauk, Legok, Pagedangan, Kelapa Dua, Curug, hingga Panongan.





×

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, dikabarkan akan menjadikan Pagedangan sebagai ibu kota Tangerang Tengah.

Meskipun wacana pembentukan Provinsi Tangerang Raya semakin kuat, namun saat ini masih terkendala oleh moratorium pemekaran wilayah yang diberlakukan oleh pemerintah pusat.

Salah satu faktor yang memicu wacana tersebut adalah penunjukkan Serang sebagai ibu kota Provinsi Banten.

Baca juga: Sensasi Seru Tanpa Turun dari Mobil: Jatim Park Drive Thru Jelajahi 17 Area Seru Tanpa Jalan Kaki dan Duduk Nyaman! Bikin Liburan Tanpa Batas!

Baca juga: 4 Daftar Sultan di Kalsel! Siapa Saja Pengusaha Kaya Raya di Kalimantan Selatan yang Jarang Tersorot? Ternyata Bukan Hanya Haji Isam!

Banyak pihak yang berpendapat bahwa Tangerang lebih layak menjadi ibu kota daripada Serang, mengingat infrastruktur yang dimilikinya.

Bahkan, hasil dari jejak pendapat di media sosial beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa banyak yang berpendapat Serang tidak layak menjadi ibu kota provinsi.

Sehingga, muncul isu agar Tangerang keluar dari Banten dan membentuk provinsi baru.

Namun, kabar mengenai pembentukan provinsi baru bernama Tangerang Raya masih sebatas wacana dan belum memiliki kepastian.

Demikianlah kabupaten dan kota di Provinsi Banten yang dikabarkan ingin membentuk provinsi baru.***

 

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr