sunbanner

Seusia Ibu Bapak, Bendungan Terbesar di Jawa Tengah Berdiri 41 Tahun, Siapa Sangka Tenggelam 51 Desa

Seusia Ibu Bapak, Bendungan Terbesar di Jawa Tengah Berdiri 41 Tahun, Siapa Sangka Tenggelam 51 Desa

Sulap Gelombang Air Jadi Listrik! Bendungan Tercanggih di Maluku Multifungsi yang Siap Terangi Ribuan Rumah Pakai Sumber Listrik 8 Megawatt-PEXEL-

Seusia Ibu Bapak, Bendungan Terbesar di Jawa Tengah Berdiri 41 Tahun, Siapa Sangka Tenggelam 51 Desa

Terdapat suatu struktur bendungan monumental yang diakui sebagai yang terbesar di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Secara menarik, usia bendungan ini telah melampaui angka 41 tahun.



Penting untuk dicatat bahwa pembangunan bendungan raksasa ini melibatkan tindakan ekstrem, di mana pemerintah harus merelakan tenggelamnya puluhan desa di Jawa Tengah pada masa itu.

Hal yang patut diperhatikan bukan hanya sebatas Jawa Tengah, melainkan waduk buatan ini juga dikenal sebagai salah satu bendungan terbesar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Lewat Ajang KLX Day 2023, PT Surapita Unitras Ajak Penggila Trabas di Surabaya dan sekitarnya Uji Fisik dan Keterampilan Bermotor Melibas Hutan Pegunungan Bromo





×

Baca juga: Banten Bergoyang! 4 Daerah Bersiap Pisah dari Banten, Ibu Kota Berubah dan Akan di Ganti Daerah Ini?

Baca juga: Jembatan Tertua di Jakarta! Dibangun 1682 Sejak Jaman VOC? Hingga Kini Kerap Gonta-ganti Nama Terus, Cek Infonya

Diresmikan pada tahun 1982, bendungan ini memiliki fungsi vital sebagai pengendali banjir di sepanjang aliran Sungai Bengawan Solo, yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa.

Wilayah cakupan air bendungan ini mencapai luas 1350 km persegi, dengan pintu masuk yang menghubungkan melalui aliran beberapa sungai besar seperti Bengawan Solo, Sungai Kanduang, Sungai Tirtomoyo, Sungai Parangjoho, Sungai Temon, dan Sungai Posong.

Dengan maksimum genangan yang mencakup tujuh kecamatan, yakni Wonogiri, Ngadirejo, Nguntoronadi, Baturetno, Giriwoyo, Eromoko, dan Wuryantoro, pembangunan megaproject ini dimulai pada akhir tahun 1976 dan baru dapat dioperasikan pada tahun 1982.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr