sunbanner

Asal Usul Nama Probolinggo Jawa Timur yang Bikin Terkejut, Ternyata Ini Alasan Kota dengan Julukan Banger, Diambil dari Nama Sungai?

Asal Usul Nama Probolinggo Jawa Timur yang Bikin Terkejut, Ternyata Ini Alasan Kota dengan Julukan Banger, Diambil dari Nama Sungai?

daerah-aleksan/pexels-

Di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit, Banger berkembang menjadi Pakuwon. Namun, selama pemerintahan Bre Wirabumi, Raja Blambangan, Banger jatuh ke tangan mereka.

Bahkan, Banger menjadi tempat perang saudara antara Bre Wirabumi (Blambangan) dan Prabu Wikramawardhana (Majapahit), yang dikenal sebagai "Perang Paregreg."



Pada tahun 1743, seluruh wilayah timur Pasuruan, termasuk Banger, jatuh ke tangan VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie atau Perusahaan Hindia Timur Bersatu).

Kyai Djojolelono diangkat sebagai Bupati Pertama di Banger pada tahun 1746 oleh VOC. Namun, politik adu domba VOC membuat Kyai Djojolelono memilih untuk meninggalkan jabatannya dan mengembara.

Radit Tumenggung Djojonegoro kemudian diangkat sebagai Bupati Banger yang kedua.





×

Baca juga: Penasaran Bagaimana Cara Pembayaran Home Credit BayarNanti? Berikut Langkah-Langkah yang Bisa Anda Ikuti, Mudah Sekali Loh!

Baca juga: Bingung Mau Bayar Cicilan di Mana? Berikut Panduan Sederhana untuk Melakukan Pembayaran EasyCash Menggunakan DANA

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr