sunbanner

Istana Kepresidenan Ikut Mana? Bingung Bogor Bakal Pecah, Isu Pemekaran Baru di Jawa Barat

Istana Kepresidenan Ikut Mana? Bingung Bogor Bakal Pecah, Isu Pemekaran Baru di Jawa Barat

Istana Kepresidenan Bogor--

Istana Kepresidenan Ikut Mana? Bingung Bogor Bakal Pecah, Isu Pemekaran Baru di Jawa Barat

Kabupaten Bogor di Jawa Barat menjadi sorotan banyak pihak karena dianggap sudah terlalu "gemuk".



Dengan jumlah penduduk yang sangat padat, Kabupaten Bogor menjadi salah satu yang terbanyak di Jawa Barat bahkan di Indonesia.

Sebagai respons terhadap kondisi ini, beberapa pihak menekankan perlunya pemekaran Kabupaten Bogor.

Baca juga: Provinsi Kalimantan Timur Segera Kedapatan Anggota Baru, Simak Info Kabupaten Baru Lengkap Mulai dari Ibukota Hingga Daftar Kecamatannya





×

Baca juga: Segera Muncul Daerah Otonom Baru di Bengkulu, Kabupaten Baru ini Caplok 7 Kecamatan dari Kabupaten Rejang Lebong

Ada dua calon kabupaten baru yang diusulkan sebagai hasil pemekaran Kabupaten Bogor, yaitu Kabupaten Bogor Barat dan Kabupaten Bogor Timur.

Kedua calon kabupaten tersebut saat ini menanti pengesahan dari pemerintah pusat untuk menjadi Daerah Otonom Baru (DOB).

Menurut informasi dari laman resmi Bogorkab, Kabupaten Bogor Timur akan mencakup Kecamatan Gunung Putri, Kelapa Nunggal, Cileungsi, Sukamakmur, Jonggol, Cariu, dan Tanjungsari.

Rencananya, ibukota Kabupaten Bogor Timur akan berada di Kecamatan Jonggol yang strategis dan memiliki banyak lahan kosong untuk pusat pemerintahan.

Baca juga: Gunung Kidul Semakin Bergaung! 4 Kecamatan Terpelosok ini Bukti Nyata Kekayaan dari Tuhan, Posisi Pertama Wilayah Terjauh dari Ibukota dengan Jara l37,90 km

Baca juga: IIMS 2024 Ekspansi Ruang Pameran, Hingga Kolaborasi Lintas Sektor

Sementara itu, Kabupaten Bogor Barat akan terdiri dari 14 kecamatan, termasuk Dramaga, Nanggung, Leuwiliang, Leuwisadeng, Pamijahan, Cibungbulang, Ciampea, Tenjolaya, Rumpin, Tenjo, Jasinga, Parung Panjang, Suka Jaya, dan Cigudeg.

Ibukota Kabupaten Bogor Barat direncanakan berada di Kecamatan Cigudeg, yang dianggap strategis karena menjadi lintasan antara Jawa Barat dan Banten serta mengalami peningkatan tingkat pendapatan penduduk di sektor perdagangan dan pertanian.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr