sunbanner

Terlalu Luas, 2 Wilayah di Yogyakarta Ini Bakal Pecah, Usulan Pemekaran yang Dianggap Sudah Layak?

Terlalu Luas, 2 Wilayah di Yogyakarta Ini Bakal Pecah, Usulan Pemekaran yang Dianggap Sudah Layak?

Sleman--

Terlalu Luas, 2 Wilayah di Yogyakarta Ini Bakal Pecah, Usulan Pemekaran yang Dianggap Sudah Layak

Provinsi Yogyakarta, sebuah wilayah istimewa di Pulau Jawa, dikenal dengan nama Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) secara administratif.



Provinsi ini terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kotamadya, dengan pusat pemerintahan di Kota Yogyakarta, serta melibatkan Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, dan Kabupaten Kulonprogo.

Baca juga: Provinsi Kalimantan Timur Segera Kedapatan Anggota Baru, Simak Info Kabupaten Baru Lengkap Mulai dari Ibukota Hingga Daftar Kecamatannya

Baca juga: Punya Luas 2.307 Km persegi, Ternyata Ini Daftar Kecamatan di Bojonegoro dengan Konsumsi Air Terbanyak





×

Sebagai destinasi pariwisata dan pusat pendidikan, Provinsi Yogyakarta mengalami pertumbuhan penduduk yang signifikan.

Menurut data BPS tahun 2022, jumlah penduduknya mencapai 3.761.870 jiwa. Proyeksi untuk tahun 2023 menunjukkan peningkatan menjadi 4.073.907 jiwa.

Meskipun sektor pariwisata masih mengalami dampak pandemi, perkembangan ekonomi di provinsi ini terus berlangsung pesat.

Menghadapi latar belakang ini, beberapa pihak mengusulkan pemekaran wilayah di beberapa kabupaten dengan tujuan untuk mengoptimalkan pembangunan.

Dengan demikian, diharapkan peningkatan ekonomi dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

Baca juga: Hanya 2,14 Persen dari Luas Kabupaten Inilah Wilayah Terkecil di Ngawi: 3 Kecamatan ini Beri Variasi Baru Agar Lebih Maju

Baca juga: Ngawen dan Girisubo Ajak 2 Wilayah Lain Agar Keluar dari Gunung Kidul Usai Jaraknya Terlalu Jauh dengan View dan Kebudayaan Memikat Pengunjung

Setidaknya, terdapat dua kabupaten yang menjadi usulan untuk menjalani pemekaran wilayah demi mencapai pembangunan yang lebih optimal.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr