sunbanner

Asal Usul Nama Tegal Berasal dari Portugal? Ternyata Ini Sejarahnya dan Makna Dibalik Julukan Jepangnya Indonesia

Asal Usul Nama Tegal Berasal dari Portugal? Ternyata Ini Sejarahnya dan Makna Dibalik Julukan Jepangnya Indonesia

daerah-nick-fewings/unplash-

Asal Usul Nama Tegal 

1. Asal-usul Nama Tegal

Asal-usul nama "Tegal" memiliki beberapa versi. Salah satunya berasal dari kata "Tetegal," yang merujuk pada tanah yang subur dan dapat menghasilkan tanaman pertanian.



Ada juga yang mengklaim bahwa nama Tegal berasal dari pemberian oleh Tome Pires, seorang pedagang Portugis yang singgah pada abad ke-16 dan menyebut pelabuhan ini sebagai "Teteguall."

Namun, sejarah asal-usul Tegal juga terkait dengan sosok Ki Gede Sebayu, yang merupakan keturunan dinasti Majapahit.

2. Luas Wilayah dan Batas Geografis





×

Kabupaten Tegal memiliki luas wilayah sekitar 878,79 kilometer persegi. Wilayah administratifnya terbagi menjadi 18 kecamatan, 281 desa, dan 6 kelurahan.

Kabupaten Tegal berbatasan dengan beberapa wilayah, yaitu Kota Tegal dan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Pemalang di sebelah timur, Kabupaten Brebes di sebelah barat, dan Kabupaten Brebes serta Kabupaten Banyumas di sebelah selatan.

Baca juga: Sejarah Bakal Catat Bengkulu, Sumbar dan Jambi Jadi Satu Provinsi! Ini Keunggulan Puncak Andalas dan Ibukotanya

Baca juga: Langsung Tamat! Link Nonton Drakor Doona! Episode 1 2 3 4 5 - 9 Sub Indo Bukan di Tele, Ending Idol Kpop Suzy Pacaran dengan Yang Se Jong, Ada Adegan UNBOXING!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr