sunbanner

Provinsi Aceh Pecah! 6 Kabupaten dan Kota Pilih Gabung Provinsi Baru Aceh Leuser Antara, Apa Saja?

Provinsi Aceh Pecah! 6 Kabupaten dan Kota Pilih Gabung Provinsi Baru Aceh Leuser Antara, Apa Saja?

Kabupaten Bener Meriah--

Provinsi Aceh Pecah! 6 Kabupaten dan Kota Pilih Gabung Provinsi Baru Aceh Leuser Antara, Apa Saja?

Provinsi Aceh Leuser Antara tengah menjadi sorotan dalam perbincangan seputar potensi pemekaran wilayah.



Meskipun masih berada dalam lingkup administratif Provinsi Aceh, Aceh Leuser Antara sebelumnya pernah menjadi perbincangan sebagai calon daerah otonomi baru (CDOB).

Baca juga: Usai Menunggu hingga 10 Tahun! Pemekaran Banten Akhirnya Terwujud Tahun 2024 Mendatang? Provinsi Tangerang Raya Ajak 5 Kabupaten Ini

Baca juga: Kota Kecil Seluas 72.981,23 km2 Ini Bakal Keluar dari Sumatera Utara Demi Masuk ke Provinsi Baru! Medan Punya Saingan Berat Nih





×

Niatan tersebut timbul dengan tujuan agar Aceh Leuser Antara dapat merdeka dan lepas dari ketergantungan pada Provinsi Aceh.

Wacana ini menciptakan wujud daerah yang mandiri, terpisah dari provinsi asalnya.

Pada tahun 2020, Gerakan Pemuda Aceh Leuser Antara (GP-ALA) di Aceh Tengah aktif dalam mendorong niat pemekaran ini dan bahkan telah melakukan pertemuan dengan Bupati Aceh Tengah.

Semua ini dilakukan dengan serius guna mengkaji secara mendalam kemungkinan pemekaran Provinsi Aceh Leuser Antara (ALA) dari Provinsi Aceh.

Upaya serius tersebut juga tercermin dalam adanya petisi dan polling yang sering muncul sebagai bentuk dukungan terhadap wacana pemekaran wilayah ini.

Meski demikian, adanya moratorium pemekaran wilayah menjadi kendala utama yang menghambat berbagai inisiatif pemekaran, termasuk Provinsi Aceh Leuser Antara.

Saat ini, setidaknya ada 6 kabupaten dan kota yang terlibat dalam perbincangan mengenai pemekaran wilayah ini.

Baca juga: Jalan Tol Terbesar di Jawa Timur Ini Terpaksa Gagal Proyek Meski Sudah Disiapkan Dana Ratusan Milliar, Ternyata Ini Penyebab Utamanya

Baca juga: Pemekaran Sulawesi Selatan Ini Buat Dua Daerah Siap Jadi Kabupaten Baru! Luwu Tengah dan Bone Selatan Bakal Daerah Terkaya Sumsel

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr