sunbanner

Asal Usul Nama Palembang Ini Berasal dari Bahasa Melayu! Jangan Salah Arti Ternyata Maknanya Mendalam dan Jarang Diketahui

Asal Usul Nama Palembang Ini Berasal dari Bahasa Melayu! Jangan Salah Arti Ternyata Maknanya Mendalam dan Jarang Diketahui

Daerah-ibrahim-musa/unplash-

Asal Usul Nama Palembang Ini Berasal dari Bahasa Melayu! Jangan Salah Arti Ternyata Maknanya Mendalam dan Jarang Diketahui. 

Hal ini karena Kota Palembang didirikan pada tahun 688 Masehi, jauh sebelum berdirinya negara ini. Pada tanggal 17 Juni 2023, Kota Palembang merayakan ulang tahunnya yang ke-1340.



Asal-usul nama "Palembang" berkaitan dengan topografi kota yang dikelilingi oleh air, baik dari sungai, rawa, maupun air hujan.

Nama ini berasal dari bahasa Melayu, di mana "Pa" atau "Pe" digunakan sebagai kata tunjuk untuk suatu tempat atau keadaan, sedangkan "lembang" atau "lembeng" berarti tanah yang rendah atau akar yang membengkak akibat terendam air.

Baca juga: Asal Usul Nama Probolinggo Jawa Timur yang Bikin Terkejut, Ternyata Ini Alasan Kota dengan Julukan Banger, Diambil dari Nama Sungai?





×

Baca juga: Daerah Terkaya di Riau Ini Punya Penduduk Miskin Terendah di Wilayahnya, Kemajuan Kabupatennya Disebut Paling Modern

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr