sunbanner

Pakuan Raya Bakal Jadi Calon Daerah Baru Pemekaran Jawa Barat dan Pecah Wilayah Cianjur? Simak Ternyata Ini Kabupaten yang Bakal Terpisah

Pakuan Raya Bakal Jadi Calon Daerah Baru Pemekaran Jawa Barat dan Pecah Wilayah Cianjur? Simak Ternyata Ini Kabupaten yang Bakal Terpisah

daerah-m-h/unplash-

Kabupaten ini terlalu luas dengan jumlah penduduk yang besar, sehingga muncul rencana pembentukan Kabupaten Cianjur Selatan dan Kota Cipanas sebagai langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Rencana pembentukan Kabupaten Cianjur Selatan melibatkan 14 kecamatan yang menyatakan kesiapan bergabung, dengan Kecamatan Sindangbarang dipilih sebagai rencana ibukota.



Sementara itu, rencana pembentukan Kota Cipanas melibatkan 5 kecamatan yang menyatakan kesiapan bergabung, dengan Kecamatan Cipanas diusulkan sebagai rencana ibukota.

Alasan di balik pemekaran Kabupaten Cianjur adalah keadaan yang terlalu luas dengan 32 kecamatan dan luas wilayah mencapai 3.16 ribu kilometer persegi.

Baca juga: Warga Cilacap Jangan Kaget, 10 Kecamatan Pilih Pisah dan Bentuk Kabupaten Baru, Cek Ibukota dan Info Lengkap Lainnya





×

Baca juga: Menelusuri 7 Daerah Paling Ramai di Tahun 2022 di Kabupaten Malang, Pakis dan Dampit ada di Posisi...

Jumlah penduduk yang mencapai lebih dari 3 juta jiwa menjadi alasan penting untuk pemekaran, dengan harapan agar pelayanan publik dan pembangunan lebih optimal di masa mendatang.

Semua ini menunjukkan bahwa wacana pemekaran provinsi dan kabupaten terus menjadi topik hangat di tingkat lokal, dengan sejumlah daerah mencari solusi terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan pemerintahan.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr