sunbanner

Tercengang! Daerah Ini Jadi Alasan Jawa Barat Segera Lakukan Pemekaran, Luasnya Bisa Capai 1,077 Km, Cirebon Bisa Jadi Provinsi Paling Kaya

Tercengang! Daerah Ini Jadi Alasan Jawa Barat Segera Lakukan Pemekaran, Luasnya Bisa Capai 1,077 Km, Cirebon Bisa Jadi Provinsi Paling Kaya

Cirebon--

Provinsi Jawa Barat, sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, tengah menghadapi berbagai usulan pemekaran daerah. Sekitar 17 daerah di Jawa Barat telah menyatakan kesiapan untuk menjadi Daerah Otonom Baru (DOB) dan sedang dalam proses mengajukan pemekaran.

Beberapa daerah yang mengusulkan pemekaran antara lain:



Kota Cipanas: Kota ini telah mengajukan persetujuan kepada DPRD Cianjur dan Bupati. Jika terealisasi, Kota Cipanas akan menjadi daerah otonom terluas di Jawa Barat, melibatkan lima kecamatan.

Kota Lembang: Usulan pemekaran Kota Lembang melibatkan empat kecamatan, yakni Cisarua, Lembang, Parongpong, dan Maribaya.

Kota Cikampek: Usulan untuk menjadikan Kota Cikampek sebagai daerah otonom baru telah disampaikan kepada Bupati dan DPRD Karawang. Jika diterima, tujuh kecamatan akan masuk dalam wilayah Kota Cikampek.





×

Baca juga: Hanya 2,14 Persen dari Luas Kabupaten Inilah Wilayah Terkecil di Ngawi: 3 Kecamatan ini Beri Variasi Baru Agar Lebih Maju

Baca juga: Wacana Pemekaran Sulawesi Selatan Ini Bakal Keluarkan Daerah Terpenting, Loh Kok Bisa? Begini Isu Daerah Baru yang Membagi 8,85 Juta Penduduk

Meskipun pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium pemekaran daerah, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memastikan bahwa usulan pemekaran wilayah akan tetap diajukan.

Sejak tahun 2020 hingga 2022, sudah ada delapan usulan pemekaran wilayah di Provinsi Jawa Barat yang disepakati oleh DPRD, menunjukkan komitmen untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Usulan tersebut melibatkan daerah-daerah seperti Cianjur Selatan, Sukabumi Utara, Bogor Barat, Bogor Timur, Garut Utara, Garut Selatan, Tasikmalaya Selatan, dan Indramayu Barat. Dengan semakin banyaknya usulan pemekaran, Provinsi Jawa Barat berada dalam tahap transformasi untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr