sunbanner

Sumatera Utara Kehilangan Identitas Nama Bandara Tertua yang Berdiri Sejak 1995, Luasnya Bisa Capai 24,000 Meter, Namanya Sekarang Apa?

Sumatera Utara Kehilangan Identitas Nama Bandara Tertua yang Berdiri Sejak 1995, Luasnya Bisa Capai 24,000 Meter, Namanya Sekarang Apa?

bandara-dennis-gecaj/unplash-

Menurut informasi yang diambil dari kanal YouTube Dimas Indra Khailiza pada 8 Februari 2023, Bandara Silangit memiliki sejarah panjang. Dibangun pada masa pemerintahan kolonial Jepang, bandara ini menjadi pintu gerbang pariwisata kawasan Danau Toba di Sumut.

Terletak di Siborong-borong, Tapanuli Utara, Bandara Silangit awalnya memiliki landas pacu seluas 2.400 m x 30 m. Seiring dengan perkembangan, landasan pacu bandara ini mengalami perluasan beberapa kali.



Baca juga: Kota Kecil di Jawa Barat Ini Rencananya Bakal Jadi Calon Provinsi Baru, Loh Bikin Kaget! Bukan Bandung Justru Wilayah Ini Juaranya

Pada tahun 1995, landasan pacu ditambah menjadi 1.400 meter, kemudian pada tahun 2011 menjadi 2.400 meter, dan pada tahun 2015 diperpanjang lagi menjadi 3.800 meter oleh 45 meter.

Meskipun namanya telah hilang dari daftar bandara Sumut, peran Bandara Silangit sebagai akses pariwisata untuk Danau Toba tetap signifikan. Pergantian nama menjadi Bandar Udara Internasional Sisingamangaraja XII menandai evolusi dan perkembangan bandara ini seiring dengan waktu.





×

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr