sunbanner

Unik! Sekolah Tertua di Kepri Ini Pakai Bahasa Arab Melayu Sebagai Metode Pembelajaran, Sudah Ada Sejak Tahun 1857, Bisa Tebak Dimana?

Unik! Sekolah Tertua di Kepri Ini Pakai Bahasa Arab Melayu Sebagai Metode Pembelajaran, Sudah Ada Sejak Tahun 1857, Bisa Tebak Dimana?

sekolah-yusheng-deng/unplash-

Sekolah ini telah berdiri sejak masa pemerintahan Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah II pada masa Kesultanan Lingga.

Keberadaan sekolah ini, yang didirikan pada tahun 1857, menandakan usianya yang sudah mencapai sekitar 139 tahun, menjadikannya sebagai sekolah tertua di Kepulauan Riau dan diakui sebagai salah satu Benda Cagar Budaya (BCB).



Menurut informasi yang dihimpun dari situs web linggakab.go.id, sekolah ini telah mengalami tiga karakter masa pendidikan yang berbeda.

Awalnya, sekolah ini berfungsi sebagai sekolah arab dengan metode pembelajaran menggunakan bahasa Arab Melayu.

Hal ini berdampak positif pada perkembangan dunia kepenulisan Arab Melayu di Lingga, tercermin dari penemuan manuskrip dan babat berbahasa Arab Melayu.





×

Perkembangan selanjutnya melibatkan perubahan menjadi Sekolah Rakyat (SR), yang kemudian menjadi sekolah inklusif yang menerima siswa dari berbagai ras dan suku.

Baca juga: Bikin Gempar! Pemekaran Kali Ini Bakal Gabung Banten dan Jawa Barat Sekaligus, Miliki Luas Dua Kali Pulau Jawa, Wacana Hoax atau Fakta? 

Baca juga: Kota Kecil di Jawa Barat Ini Rencananya Bakal Jadi Calon Provinsi Baru, Loh Bikin Kaget! Bukan Bandung Justru Wilayah Ini Juaranya

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr