sunbanner

Luasnya Capai 20.089,92 Km2, Ini Wilayah Baru Pemekaran Provinsi di Sumatera, Cek Ibukota dan Info Penting Lainnya

Luasnya Capai 20.089,92 Km2, Ini Wilayah Baru Pemekaran Provinsi di Sumatera, Cek Ibukota dan Info Penting Lainnya

Air Terjun Silima-lima - Kabupaten Tapanuli Selatan--

Baca juga: Sekolah Tertua di Kepulauan Riau Ini Usianya Bisa Capai 139 Tahun Loh! Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan, Gimana Kondisinya?

Baca juga: Gedung Theater Terbesar di Jawa Tengah Ini Bakal Dirobohkan dan Diganti Mall Besar Setinggi 15 Lantai, Ambisi Proyek Besar Capai Rp 200 Milliar



Ibu kota Provinsi Sumatera Tenggara diwacanakan berlokasi di Kota Padang Sidempuan.

Rencana ini muncul karena wilayah Tabagsel, yang diusulkan menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Tenggara, merupakan bekas Keresidenan Pemerintahan Hindia Belanda yang belum menjadi provinsi baru, hanya tinggal Keresidenan Tapanuli.

Provinsi Sumatera Utara sebelumnya terbentuk dari penggabungan tiga daerah administratif, yaitu Keresidenan Aceh, Keresidenan Sumatera Timur, dan Keresidenan Tapanuli, menurut informasi dari sumutprov.go.id.





×

Pada tahun 1949, Keresidenan Aceh menjadi Provinsi Aceh, Keresidenan Sumatera Timur menjadi Sumatera Utara, dan Keresidenan Tapanuli bergabung di dalamnya.

Selain alasan sejarah, pembentukan Sumatera Tenggara dari wilayah Tabagsel juga dipengaruhi oleh jarak yang cukup jauh dari Medan, ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Ini mendorong usulan pemekaran wilayah dan pembentukan provinsi baru untuk mempermudah pengelolaan pemerintahan daerah.

Wilayah yang diwacanakan menjadi Provinsi Sumatera Tenggara memiliki luas sekitar 20.089,92 kilometer persegi dengan populasi sekitar 1.536.691 jiwa.

Namun, penting dicatat bahwa isu pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara masih sebatas wacana, dan belum ada keterangan resmi dari pemerintah.

Proses pemekaran wilayah dan pembentukan provinsi baru memerlukan tahapan yang panjang. Inilah lima kabupaten/kota yang diusulkan untuk membentuk provinsi baru, yaitu Sumatera Tenggara.

Baca juga: Pidie dan Bireuen Angkat Kaki dari Aceh Usai Tak Terpilih jadi Daerah Penghasil Padi Terbesar di NAD, No 1 Mampu Hasilkan 318.432,63 Ton

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr