sunbanner

Sumatera Utara Pecah Belah, Jadi Provinsi Baru Toba Raya yang Libatkan 8 Kabupaten dan Kota, Cek Info Lengkapnya di Sini!

Sumatera Utara Pecah Belah, Jadi Provinsi Baru Toba Raya yang Libatkan 8 Kabupaten dan Kota, Cek Info Lengkapnya di Sini!

Pulau Samosir--

Baca juga: Bupati dan Wakil Bupati Sudah Setuju, Bentuk Provinsi Baru di Maluku, Cek Infonya, Ternyata Ada 5 Wilayah yang Bakal Masuk

Baca juga: Muncul Provinsi Baru Banyumasan di Jawa Tengah, Cek Infonya Mulai Dari Wilayah, Ibukota dan Kabupaten yang Masuk



Delapan kabupaten diusulkan untuk bergabung dengan Provinsi Toba Raya di masa depan, termasuk Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, dan Karo.

Jika terbentuk, Provinsi Toba Raya diperkirakan akan memiliki luas sekitar 20.216,96 km2.

Untuk mewujudkannya, panitia ini telah menggelar rapat di Gedung Nusantara III DPR-RI dan membentuk grup WhatsApp yang berisi kepala daerah di Sumatera Utara.





×

Meskipun usulan pembentukan Provinsi Toba Raya muncul sejak 2018, hingga kini belum mendapatkan restu dari pemerintah pusat yang masih memberlakukan moratorium pemekaran wilayah.

Meski demikian, peluang terbentuknya Provinsi Toba Raya tidak dapat diabaikan di masa depan.

Baca juga: Provinsi Baru Pemekaran Kalimantan Barat Ini Gak Tunjuk Pontianak yang Bakal Jadi Ibu Kotanya, Gak Nyangka! Ternyata Wilayah Ini Daerah yang Layak, Bisa Tebak Wilayah Mana?

Baca juga: Bali Diam-Diam Punya Wisata Termegah tapi Sepi Padahal Punya View Indah Mala Digunakan Buat Uji Nyali para Konten Kreator

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr