sunbanner

DPRD dan Gubernur Sudah Setuju! Bentuk Kabupaten Baru Simalungun Hantaran di Sumatera Utara, Simak Daftar 15 Kecamatan yang Bergabung Serta Ibukotanya

DPRD dan Gubernur Sudah Setuju! Bentuk Kabupaten Baru Simalungun Hantaran di Sumatera Utara, Simak Daftar 15 Kecamatan yang Bergabung Serta Ibukotanya

Kabupaten Simalungun--

DPRD dan Gubernur Sudah Setuju! Bentuk Kabupaten Baru di Sumatera Utara, Simak Daftar 15 Kecamatan yang Bergabung Serta Ibukotanya

Sejak tahun 2013, pembahasan mengenai pemekaran wilayah Kabupaten Simalungun Hantaran terus menjadi topik yang diperbincangkan.



Simalungun Hantaran berada dalam wacana pemekaran kabupaten di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Baca juga: Indonesia Bakal Miliki 50 Provinsi, Cek Daftar Wilayah yang Bakal Dimekarkan, Ternyata Sumatera dan Kalimantan Jadi Fokus Utama

Baca juga: Gudang Ajak Bantal dan 5 Wilayah Lain untuk Keluar dari Situbondo Usai Namanya Termasuk dalam Desa dengan Nama Unik yang Melegenda, Nomor 2 Suka Dibuat Tidur





×

Kabupaten Simalungun Hantaran memiliki niatan untuk membentuk calon daerah otonomi baru (CDOB) di Sumut.

Desire tersebut mencakup pembentukan kabupaten baru, dengan tujuan untuk melepaskan diri dari kabupaten induk, yaitu Kabupaten Simalungun.

Dalam wacana pemekaran wilayah Simalungun Hantaran, terdapat 15 kecamatan yang diproyeksikan akan menjadi bagian dari daerah tersebut.

Menurut informasi yang dikutip dari laman simalungunkab.bps.go.id, Simalungun berada sebagai kabupaten terluas ketiga di Provinsi Sumut, setelah Kabupaten Mandailing Natal dan Langkat.

Kabupaten Simalungun memiliki posisi yang strategis karena terletak di kawasan lokasi wisata Danau Toba - Prapat.

Baca juga: Sumatera Utara Pecah Belah, Jadi Provinsi Baru Toba Raya yang Libatkan 8 Kabupaten dan Kota, Cek Info Lengkapnya di Sini!

Baca juga: Kabar Provinsi Flores Segera Disahkan Jadi Provinsi Baru Makin Gencar! Ternyata Ini Calon Ibu Kota dan Wilayah yang Akan Segera Bergabung

Dengan total 32 kecamatan di Kabupaten Simalungun, wilayahnya yang luas memberikan peluang bagi kemungkinan pemekaran wilayah.

Kecamatan Hatonduhan merupakan kecamatan terluas di Simalungun, sementara Kecamatan Haranggaol Horison merupakan yang terkecil.

Wacana pemekaran wilayah ini sudah mendapatkan persetujuan dari DPRD dan Gubernur Provinsi Sumatera Utara sejak tahun 2013.

Namun, hingga saat ini, rencana tersebut masih terhambat oleh moratorium, sehingga belum ada realisasi pemekaran wilayah di Pulau Sumatera.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr