sunbanner

Luwu Raya Bersiap Jadi Provinsi Baru SULSEL, Kota Palopo yang Bakal Jadi ibu Kota Barunya? Penasaran dengan Rencana Pemekaran Sulawesi Selatan!

Luwu Raya Bersiap Jadi Provinsi Baru SULSEL, Kota Palopo yang Bakal Jadi ibu Kota Barunya? Penasaran dengan Rencana Pemekaran Sulawesi Selatan!

Pesona Baru Riau Hasil Pemekaran! Kota Baru Diresmikan 20 April, Wilayah Luas 2.059 Km² Terbentuk: Hanya 176 Km dari Pekanbaru!-pexel-

Provinsi Sulawesi Selatan memiliki luas wilayah yang mencapai 45.330,550 kilometer persegi. Dalam laporan Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Angka 2023, terungkap bahwa Kota Parepare merupakan daerah terkecil di provinsi ini, dengan luas wilayah hanya sekitar 89,670 kilometer persegi.

Sementara itu, Kabupaten Luwu Timur merupakan daerah terluas di Sulawesi Selatan, dengan luas wilayah mencapai 6.745,921 kilometer persegi.



Kota Palopo, yang terletak sekitar 125 kilometer dari Kota Makassar, merupakan kota terluas di Provinsi Sulawesi Selatan jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya di wilayah ini.

Baca juga: Superpanjang di Atas Sungai: Duplikat Jembatan di Kalimantan Barat Dengan Biaya Luar Biasa Rp267 Miliar! Apa yang Membuatnya Begitu Spesial?

Baca juga: Balikpapan Gebrak Dunia! Proyek Jalan Tol Terbesar di Bawah Laut Ini Bakal Habiskan Dana Rp 13 Milliar, IKN Makin Bergaya Nih





×

Kota Palopo memiliki luas wilayah sebesar 273,235 kilometer persegi. Kabar yang beredar menyebutkan bahwa Kota Palopo akan melepaskan diri dari Provinsi Sulawesi Selatan dan bergabung dengan provinsi baru yang disebut Provinsi Luwu Raya.

Isu ini mengindikasikan rencana pemekaran Provinsi Luwu Raya yang melibatkan empat kabupaten dan satu kota.

Jika terwujud, kabupaten-kabupaten tersebut akan berpindah dari Provinsi Sulawesi Selatan ke Provinsi Luwu Raya.

Wacana 4 kabupaten dan 1 kota Gabung Provinsi Luwu Raya:

  1. Kabupaten Luwu
  2. Kabupaten Luwu Utara
  3. Kota Palopo
  4. Kabupaten Luwu Timur
  5. Kabupaten Luwu Tengah

Daftar kabupaten...

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr