sunbanner

Pingin Pisah, Tomini Ajak 7 Kecamatan Bentuk Kabupaten Baru, Bupati Pasikan Segera Terwujud

Pingin Pisah, Tomini Ajak 7 Kecamatan Bentuk Kabupaten Baru, Bupati Pasikan Segera Terwujud

Tomini - Kabupaten Parigi Moutong--

Pingin Pisah, Tomini Ajak 7 Kecamatan Bentuk Kabupaten Baru, Bupati Pasikan Segera Terwujud

Kabupaten Tomini Raya tengah menjadi sorotan dalam pembahasan pemekaran wilayah, dengan tujuan membentuk calon daerah otonomi baru (CDOB) di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).



CDOB Tomini Raya, yang memegang predikat memiliki teluk terbesar di dunia, mempertimbangkan pemekaran sebagai langkah untuk memisahkan diri dari Kabupaten Parigi Moutong.

Baca juga: Musi Banyuasin Akan Diusir dari Sumatera Selatan Usai Gagal jadi Raja Mangga dan Kalah dengan Wilayah yang Memproduksi 85.890 kuintal

Baca juga: Ternyata Pemeran Mak Beti Atau Arif Muhammad Lahir di Kota Ini, Simak Daftar 5 Kecamatan Tertinggi di Binjai





×

Informasi terkait rencana pembentukan Kabupaten Tomini Raya dijelaskan pada April 2022 di DPR RI oleh Muhammad J. Wartabone, seorang anggota legislatif DPR RI dari daerah pemilihan Sulteng.

Pertimbangan utama dalam wacana pemekaran wilayah ini adalah untuk meningkatkan keterjangkauan pelayanan masyarakat.

Hal ini diharapkan dapat mengoptimalkan layanan publik, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah tersebut.

Kawasan teluk terluas di dunia, yaitu Teluk Tomini, menjadi daya tarik utama Parigi Moutong.

Baca juga: Siap-Siap Urus KTP Baru! Pemekaran Kalimantan Barat Bakal Hapus Beberapa Daerah dan Buat Provinsi Baru, Rumahmu Masuk Mana?

Baca juga: Kota Kecil Dekat dari Medan Ini Bakal Jadi Ibukota Provinsi Baru Sumatera Tenggara, Cek Info Lengkapnya Mulai dari Luas Wilayah Hingga Jumlah Penduduknya

Dengan luas wilayah mencapai 6.231 km2, garis pantai sepanjang 472 kilometer, dan total penduduk mencapai 421.234 jiwa yang tersebar di 23 kecamatan, Parigi Moutong menjadi kandidat yang memungkinkan bagi terbentuknya DOB baru seperti Tomini Raya.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr