sunbanner

Inilah Alasan Mendalam di Balik Rencana Pemekaran Kalimantan Barat yang Bikin Heboh!

Inilah Alasan Mendalam di Balik Rencana Pemekaran Kalimantan Barat yang Bikin Heboh!

Beneran atau Hoax? Pemecahan 3 Daerah di Jambi Imbas Pemekaran Daerah Baru su Sumatera Tengah? Aoakah Ibu Kota Berubah?-axell-dotcom/unplash-

Usulan Pembentukan Provinsi Kapuas Raya

Provinsi Kapuas Raya merupakan rencana pemekaran provinsi pertama yang akan dilaksanakan dari Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam skema ini, terdapat proyeksi penggabungan lima kabupaten yang akan membentuk Provinsi Kapuas Raya.



Kabupaten-kabupaten yang dimaksud adalah Kabupaten Kapuas Hulu, Melawi, Sintang, Sekadu, dan Sanggau.

Pusat pemerintahan Provinsi Kapuas Raya direncanakan akan berlokasi di Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang.

Langkah ini diambil sebagai respons terhadap dinamika dan kebutuhan pemerintahan yang semakin berkembang di kawasan tersebut.





×

Baca juga: Kota Palopo Pindah Rumah ke Provinsi Baru? Simak Potensi Pemekaran Sulsel yang Bikin Warga Bingung? Jadi Dimekarkan Kapan?

Baca juga: Waduh, Siap-Siap Buat KTP Baru, Sebagian Warga Jawa Tengah Bakal Pindah ke Provinsi Baru, Muria Raya, Wilayah Mana Saja?

Wacana Pemekaran Provinsi Tanjungpura

Wacana pemekaran Provinsi Tanjungpura menjadi inisiatif selanjutnya yang diajukan untuk memperkaya struktur pemerintahan di wilayah Kalimantan Barat.

Rencana ini melibatkan pemisahan dari Provinsi Kalimantan Barat dengan melibatkan dua kabupaten, yaitu Kabupaten Kayong Utara dan Ketapang.

Meskipun demikian, dua kabupaten tersebut ternyata tidak memenuhi syarat jumlah minimal lima kabupaten atau kota untuk membentuk sebuah provinsi baru.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr