sunbanner

Kalsel dan Kalteng Akan Gabung Jadi Satu Daerah? Pemekaran Kalimantan Akan Munculkan Dia 5 Kabupaten Baru?

Kalsel dan Kalteng Akan Gabung Jadi Satu Daerah? Pemekaran Kalimantan Akan Munculkan Dia 5 Kabupaten Baru?

Seluas Palestina? Alasan 4 Kabupaten Sulawesi Utara Berkeinginan Lepas dari NKRI! Sempat Deklarasi pada 25 September Ngaku Ingin Merdeka?-PEXEL-

Dia juga mengungkapkan bahwa terkait dengan pemekaran Kalimantan Tengah menjadi provinsi baru, ada satu kabupaten dari Kalimantan Selatan yang akan bergabung dalam pemekaran tersebut.

Rencana pemekaran provinsi Kalimantan Tengah menjadi provinsi baru ini masih dalam tahap wacana dan pembahasan lebih lanjut.



Namun, dengan luas wilayah yang begitu besar, pemekaran tersebut dianggap sebagai kebutuhan yang akan terjadi di masa depan. Harapannya, dengan pemekaran ini, pemerintahan dan pembangunan di wilayah Kalimantan Tengah dapat lebih efektif dan optimal.

Baca juga: Banyak Dihuni ASN Cantik, Simak Daftar 5 Kabupaten dengan Jumlah Pegawai Negeri Terbanyak di Daerah Calon Provinsi Baru Hasil Pemekaran Sulsel

Baca juga: Ternyata Pemeran Mak Beti Atau Arif Muhammad Lahir di Kota Ini, Simak Daftar 5 Kecamatan Tertinggi di Binjai





×

Provinsi baru yang direncanakan untuk dimekarkan dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) adalah Provinsi Barito Raya.

Terdapat setidaknya 5 kabupaten yang diusulkan untuk membentuk Provinsi Barito Raya, yaitu 4 kabupaten dari Kalimantan Tengah dan 1 kabupaten dari Kalimantan Selatan.

Berikut adalah daftar kabupaten yang direncanakan untuk menjadi bagian dari Provinsi Barito Raya:

  1. Kabupaten Murung Raya (Kalteng)
  2. Kabupaten Barito Utara (Kalteng)
  3. Kabupaten Barito Selatan (Kalteng)
  4. Kabupaten Barito Timur (Kalteng)
  5. Kabupaten Barito Kuala (Kalsel)

Ibu kota provinsi baru ini direncanakan berada di Kabupaten Barito Utara. Namun, keputusan pemindahan ibu kota masih dalam tahap usulan dan perlu persetujuan lebih lanjut.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr