sunbanner

Rencana Aceh Jadi Provinsi Baru dengan Kota Terluas? 6 Daerah Bergandengan Tangan! Daerahmu Masuk Mana?

Rencana Aceh Jadi Provinsi Baru dengan Kota Terluas? 6 Daerah Bergandengan Tangan! Daerahmu Masuk Mana?

Ketok Palu pada Juli! SAH Lombok Barat Resmi Lepas dari Wilayahnya Seluas 776,25 km2, Ambis Bangun Kabupaten Anyar, Apakah Warga NTB Sudah Tahu?-UNPLASH-

Pada skenario pemekaran tersebut, Subulussalam diusulkan sebagai ibu kota provinsi baru yang terbentuk.

Provinsi baru ini diberi nama Aceh Leuser Antara (ALA) dan telah dibentuk Komite Persiapan Pembentukan Provinsi Aceh Leuser Antara (KP3ALA).



Namun, sayangnya, usulan ini hingga kini belum terealisasi, sehingga Aceh tetap menjadi satu provinsi.

Salah satu hambatan utamanya adalah penolakan dari satu-satunya anggota DPR dari Aceh, Zainal Abidin Husain, dengan alasan bertentangan dengan UU Pemerintahan Aceh yang telah disahkan.

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat faktor penghambat lain yang juga mempengaruhi pemekaran Aceh.





×

Baca juga: Berjarak 7 Jam dari Pontianak, Kabupaten Ini Siap Jadi Ibukota Provinsi Baru Hasil Pemekaran Kalimantan Barat, Cek Infonya di SINI!

Baca juga: Pasar Tertua di Solo Sejak Tahun 1927 Ini Sudah Ada Sejak Kolonial Belanda, Luasnya Bisa Capai 6.623 Meter! Penjualnya Terkenal Turun Temurun

Baca juga: Musi Banyuasin Akan Diusir dari Sumatera Selatan Usai Gagal jadi Raja Mangga dan Kalah dengan Wilayah yang Memproduksi 85.890 kuintal

Menurut laman unimed.ac.id, salah satu faktor tersebut adalah adanya MoU Helsinki. MoU Helsinki merupakan kesepakatan antara pemerintah dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang dilakukan di Helsinki, Finlandia.

Dalam kesepakatan tersebut, wilayah-wilayah yang menjadi bagian dari Provinsi Aceh ditetapkan.

Meskipun demikian, meski tidak sekuat sebelumnya, usulan pembentukan Aceh Leuser Antara (ALA) kembali muncul.

Bagi yang penasaran, terdapat enam daerah yang menginisiasi pemekaran Aceh menjadi Aceh Leuser Antara (ALA). Daerah-daerah tersebut antara lain:

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr