sunbanner

Kalteng Bersiap Bakal Jadi Wilayah Terbesar Usai Bakal Ada Wacana Gabungan! Bersiap Warganya Ini Calon Daerah Terbaru

Kalteng Bersiap Bakal Jadi Wilayah Terbesar Usai Bakal Ada Wacana Gabungan! Bersiap Warganya Ini Calon Daerah Terbaru

daerah-syahril-fadillah/unplash-

Provinsi baru yang direncanakan untuk dimekarkan dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan adalah Provinsi Barito Raya.

Ada 5 kabupaten yang diusulkan untuk membentuk Provinsi Barito Raya, yaitu 4 kabupaten dari Kalimantan Tengah dan 1 kabupaten dari Kalimantan Selatan.



Kabupaten-kabupaten tersebut adalah Murung Raya, Barito Utara, Barito Selatan, Barito Timur (dari Kalimantan Tengah), dan Barito Kuala (dari Kalimantan Selatan).

Ibu kota provinsi baru ini direncanakan berada di Kabupaten Barito Utara, meskipun keputusan pemindahan ibu kota masih dalam tahap usulan dan perlu persetujuan lebih lanjut.

Baca juga: Ternyata Ini Motor yang Akan Digunakan Marc Marquez di MotoGP 2024, Simak Info Lengkapnya Termasuk Spesifikasi dan Performa





×

Pemekaran wilayah menjadi provinsi baru merupakan keputusan yang diambil oleh pemerintah pusat.

Saat ini, masih ada moratorium terhadap pemekaran wilayah, sehingga rencana pemekaran Provinsi Barito Raya masih memerlukan persetujuan dan pembahasan lebih lanjut sebelum dapat terealisasi.

Meski masih dalam tahap wacana, isu pemekaran Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan menjadi Provinsi Barito Raya menjadi topik yang mendapat perhatian dan diskusi luas di kalangan publik.

Keputusan akhir terkait pemekaran ini akan ditentukan melalui proses yang melibatkan pemerintah pusat dan berbagai pemangku kepentingan.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr