sunbanner

Kabupaten Ini Sepakat Masuk Wilayah Baru Pemekaran DIY, Waduh! Karanganyar dan Sukoharjo Kabur Loh, Beneran?

Kabupaten Ini Sepakat Masuk Wilayah Baru Pemekaran DIY, Waduh! Karanganyar dan Sukoharjo Kabur Loh, Beneran?

Daerah-polina-kuzovki/unplash-

Provinsi Banyumasan
Provinsi ini direncanakan sebagai pecahan dari Jawa Tengah. Kota Purwokerto akan menjadi ibu kota provinsi baru ini, dengan wilayah yang mencakup Kabupaten Cilacap, Purbalingga, Kebumen, Banjarnegara, Banyumas, Brebes, Tegal, dan Kota Tegal.

Provinsi Daerah Istimewa Surakarta
Provinsi ini, sebagai bagian dari DIY, menjadi sorotan dalam isu pemekaran dengan menggabungkan sejumlah kabupaten, seperti Karanganyar, Sukoharjo, Boyolali, Wonogiri, Sragen, dan Klaten, dengan Kota Solo sebagai ibu kota provinsi.



Baca juga: Banten Bakal Milik 2 Kabupaten Baru, Apa Saja? Simak Info Pemekaran Wilayah Pecahan Pandeglang Termasuk Luas dan Ibukotanya

Provinsi Muria Raya
Provinsi Muria Raya mencakup Kabupaten Kudus, Pati, Jepara, Rembang, Grobogan, dan Blora, dengan Kota Kudus sebagai ibu kota provinsi.

Meskipun masih dalam wacana, isu pemekaran Jawa Tengah menciptakan berbagai ekspektasi dan diskusi di tengah masyarakat. Keputusan akhir terkait pemekaran ini akan bergantung pada kebijakan pemerintah pusat setelah melalui proses evaluasi dan pembahasan yang lebih lanjut.





×

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr