sunbanner

Bendungan Besar di Sulawesi Tenggara Ini Siap Jadi Hal Perubahan Paling Menjanjikan, Luasnya Bisa Capai 5,400 Meter, Habiskan Dana Berapa? 

Bendungan Besar di Sulawesi Tenggara Ini Siap Jadi Hal Perubahan Paling Menjanjikan, Luasnya Bisa Capai 5,400 Meter, Habiskan Dana Berapa? 

bendungan-hpgruesen/pixabay-

Fungsi utamanya adalah mengairi lahan irigasi seluas 22.764 hektar. Selain itu, bendungan ini juga akan menjadi penyedia air baku sebesar 750 liter/detik dan berperan dalam mereduksi risiko banjir hingga 44,56 persen.

Tidak hanya itu, bendungan ini berpotensi menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kapasitas hingga 2 x 10 MW.



Baca juga: Lahan Besar Bekas Stasiun di Kota Madiun Jawa Timur Ini Bakal Diubah Jadi Hotel Bintang 4 Ternama! Bisa Tebak Wilayah Mana?

Baca juga: Kepri Galau Pilih Pekanbaru atau Batam yang Bakal Jadi Calon Ibu Kota Provinsi Baru! Ternyata Ini Potensi Besar Wilayah Terpilih Bisa Bikin Singapura

Proyek ini membutuhkan lahan seluas 5.900 hektar untuk pembangunannya.





×

Meskipun sebelumnya ada kabar bahwa proyek ini dihapus dari Proyek Strategis Nasional, Kepala Pusat Bendungan Ditjen SDA Kementerian PUPR, Ni Made Sumiarsih, membantahnya dan memastikan bahwa pembangunan bendungan ini akan tetap dilanjutkan.

Dengan perkiraan biaya mencapai Rp 8 triliun, proyek ini diharapkan selesai pada tahun 2027.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr