sunbanner

Toba Raya Buat Gebrakan Usai Dipastikan Bakal Jadi Provinsi Baru Pemekaran Sumatera yang Ajak 6 Kabupaten Ini Bergabung! Gak Mau Kalah dari IKN

Toba Raya Buat Gebrakan Usai Dipastikan Bakal Jadi Provinsi Baru Pemekaran Sumatera yang Ajak 6 Kabupaten Ini Bergabung! Gak Mau Kalah dari IKN

daerah-tim-trad/unplash-

Batas Wilayah Provinsi Sumatera Tenggara

Provinsi Sumatera Tenggara akan berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di sebelah timur dan selatan, serta Provinsi Sumatera Utara di sebelah utara.



Dukungan dan Harapan

Ketua Panitia Pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara, Harry Lontung Siregar, dan tokoh masyarakat, Rusdi Lubis, bersatu untuk mewujudkan provinsi baru ini. Meskipun masih dalam moratorium DOB, mereka berharap pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara dapat terealisasi secepatnya, dengan koordinasi yang telah dilakukan bersama Komisi II DPR RI.

Dukungan dari Mantan Bupati Tapanuli Selatan





×

Mantan Bupati Tapanuli Selatan, H Syahrul M Pasaribu, turut mendukung pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara. Ia menyatakan bahwa potensi sumber daya alam dan kualitas sumber daya manusia di daerah Tabagsel sangat kaya, sehingga pemekaran provinsi dianggap sebagai langkah yang layak.

Pemekaran Sumatera Utara Menjadi 5 Provinsi

Wacana pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi lima provinsi terus berkembang, meskipun moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) masih tetap berlaku. Usulan ini mencakup pembentukan Provinsi Kepulauan Nias, Provinsi Tapanuli, Provinsi Sumatera Tenggara, Provinsi Toba Raya, dan Provinsi Sumatera Timur.

Tantangan Utama: Moratorium Pemerintah Pusat

Meskipun wacana pemekaran terus berkembang, hambatan utama yang dihadapi adalah moratorium DOB yang masih berlaku oleh Pemerintah Pusat. Ini menjadi kendala serius dalam merealisasikan pembentukan daerah otonomi baru di Sumatera Utara.

Baca juga: Kaltim Bakal Punya Hotel Raksasa Terbesar Capai Rp 20 Trilliun, Bikin Syok! Lengkap dengan Rumah Sakit Terwujud Tahun 2024

Baca juga: Proyek Bangunan Besar di Bogor Ini Mesti Gagal dan Bangkrut Sebab Hal Ini! Habiskan Dana Rp 75 Milliar, Pemerintah Rugi?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr