sunbanner

Toba Raya Buat Gebrakan Usai Dipastikan Bakal Jadi Provinsi Baru Pemekaran Sumatera yang Ajak 6 Kabupaten Ini Bergabung! Gak Mau Kalah dari IKN

Toba Raya Buat Gebrakan Usai Dipastikan Bakal Jadi Provinsi Baru Pemekaran Sumatera yang Ajak 6 Kabupaten Ini Bergabung! Gak Mau Kalah dari IKN

daerah-tim-trad/unplash-

Potret Sumatera Utara
Sumatera Utara, dengan luas wilayah mencapai 72.981 kilometer persegi, terdiri dari 8 kota dan 25 kabupaten. Jumlah penduduknya, sekitar 15.372.437 jiwa, menempatkannya sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di Indonesia.

Potensi Wilayah Baru: Toba Raya
Salah satu calon provinsi baru, Provinsi Toba Raya, memiliki potensi besar. Dengan luas wilayah yang cukup signifikan, provinsi ini menawarkan beragam potensi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.



Pro dan Kontra Pemekaran
Wacana pemekaran selalu menimbulkan pro dan kontra. Di satu sisi, ada harapan bahwa pemekaran dapat meningkatkan efisiensi pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat. Di sisi lain, terdapat keprihatinan terkait dampak negatif seperti pembengkakan birokrasi dan potensi konflik kepentingan antarwilayah.

Baca juga: Kaltim Bakal Punya Hotel Raksasa Terbesar Capai Rp 20 Trilliun, Bikin Syok! Lengkap dengan Rumah Sakit Terwujud Tahun 2024

Harapan Masyarakat
Seiring terus berkembangnya wacana pemekaran, masyarakat Sumatera Utara menaruh harapan besar terhadap pembenahan infrastruktur, peningkatan kesejahteraan, dan pemberdayaan lokal. Tagar seperti #PemekaranSumut dan #SumutBaru muncul sebagai bentuk dukungan dan aspirasi masyarakat terhadap perubahan yang diharapkan.





×

Intinya, meskipun moratorium DOB masih menjadi hambatan, wacana pemekaran Sumatera Utara menjadi lima provinsi terus berkembang dengan berbagai dinamika. Dukungan dari berbagai pihak dan komitmen untuk terus berjuang mencerminkan aspirasi kuat untuk mewujudkan perubahan signifikan di wilayah ini.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr