Ini Dia 4 Kabupaten Terkecil dan Tersepi di Bengkulu, Jumlah Warganya Cuma 107.693 Orang, Termasuk Lebong hingga Kaur

Ini Dia 4 Kabupaten Terkecil dan Tersepi di Bengkulu, Jumlah Warganya Cuma 107.693 Orang, Termasuk Lebong hingga Kaur

Ini Dia 4 Kabupaten Terkecil dan Tersepi di Bengkulu, Jumlah Warganya Cuma 107.693 Orang, ermasuk Lebong hingga Kaur-UNPLASH-

Bengkulu juga memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 525 kilometer yang berbatasan dengan Samudera Indonesia. Di sebelah timurnya, wilayah ini berbatasan dengan bukit dan dataran tinggi yang subur.

Dalam konteks geografi, bagian dataran rendah Bengkulu di bagian barat relatif sempit, membentang dari utara ke selatan, yang dipecah-pecah oleh daerah bergelombang.



Provinsi Bengkulu terbagi menjadi 10 kabupaten dan kota. Wilayah Bengkulu Utara sendiri memiliki luas wilayah sekitar 21,71 persen dari total wilayah provinsi ini.

Di sisi lain, terdapat daerah terkecil di Provinsi Bengkulu yang hanya memiliki luas wilayah sekitar 0,76 persen dari total luas wilayah provinsi.

Baca juga: Sumatera Tenggara Ini Bakal Jadi Provinsi Baru Pemekaran Pulau Sumatera yang Miliki Segudang Potensi, Ini Kabupaten yang Masuk Daerah Baru





×

Baca juga: NTT Bangkrut! Sebuah Bandara Senilai Rp3 Triliun Roboh dan Buat Rugi Indonesia, Baru Diresmikan Tahun 2022 Hanya Bertahan Seumur Jagung

Provinsi ini mengalami musim seperti umumnya di Indonesia, yakni musim hujan dan musim kemarau.

Musim kemarau di Bengkulu terjadi pada bulan Desember hingga Maret, sementara musim hujan berlangsung dari bulan Juni hingga September.

Bulan April hingga Mei dan Oktober hingga November merupakan masa transisi atau peralihan.

Dengan karakteristik geografis dan demografisnya, Provinsi Bengkulu menonjolkan empat daerah yang dapat dianggap terpencil, dan berikut adalah daftar wilayah tersebut:

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr