sunbanner

Sulawesi Selatan Bakal Paksa Kabupaten Banggai Keluar dari Daerah Utama, Calon 5 Provinsi Baru Ini Bikin Kaget Warganya

Sulawesi Selatan Bakal Paksa Kabupaten Banggai Keluar dari Daerah Utama, Calon 5 Provinsi Baru Ini Bikin Kaget Warganya

daerah-dinis-bazgutdinov/unplash-

Provinsi Bolaang Mongondow Raya: Meliputi Kabupaten Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, dan Kota Kotamobagu. Pusat pemerintahan direncanakan di Kota Kotamobagu.

Provinsi Sulawesi Timur: Pemecahan dari Provinsi Sulawesi Tengah, melibatkan 6 Kabupaten dengan ibu kota di Kabupaten Banggai.



Provinsi Nusa Utara: Meliputi 5 Kabupaten dari Sulawesi Utara, dengan ibu kota di Kota Tahuna.

Provinsi Kepulauan Buton: Dimekarkan dari Provinsi Sulawesi Tenggara, mencakup 6 Kabupaten dengan ibu kota di Kota Baubau.

Baca juga: Anggaran 160 Miliar! Kantor Bupati di Riau Mirip Bangunan The Capitol Amerika, Mewah dan Berkelas Bikin Karyawannya Betah Gak Pulang-pulang?





×

Baca juga: Desa Kuno di Gunung Kidul Ternyat Berusia Berabad-abad: Apakah Desa Ini Benar-benar Berusia 4 Juta Tahun?

Provinsi Luwu Raya: Dimekarkan dari Provinsi Sulawesi Selatan, beribukota di Kota Palopo, mencakup 5 daerah, termasuk Kabupaten Luwu Tengah yang dimekarkan dari Kabupaten Luwu.

Meskipun wacana pemekaran ini menjadi topik hangat, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman, menegaskan bahwa kebijakan pemekaran adalah kewenangan pemerintah pusat.

Sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah, Gubernur menekankan bahwa hingga saat ini, kebijakan tersebut tetap berada di tangan pemerintah pusat.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr