sunbanner

Digadang Nambah Wilayah, Inilah Kabupaten Kota di 4 Provinsi Baru Bukti Hasil Pemekaran Papua, Coba Tebak Merauke dan Sorong Masuk Mana?

Digadang Nambah Wilayah, Inilah Kabupaten Kota di 4 Provinsi Baru Bukti Hasil Pemekaran Papua, Coba Tebak Merauke dan Sorong Masuk Mana?

daerah-pexels-tyler-

Digadang Nambah Wilayah, Inilah Kabupaten Kota di 4 Provinsi Baru Bukti Hasil Pemekaran Papua, Coba Tebak Merauke dan Sorong Masuk Mana?

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan keberagaman budaya dan alam, terus mengalami perkembangan signifikan.



Sejak akhir tahun 2022, Indonesia secara resmi menambahkan empat provinsi baru, meningkatkan totalnya menjadi 38 provinsi.

Baca juga: Kabupaten Batang Mulai Pisahkan 6 Daerah ini Akibat Dinilai Terlalu Sepi dan Tidak Diminati, Wonotunggal Bukan Juaranya Apalagi Banyuputih Tapi

Baca juga: Benarkah Pemekaran Majalengka Buat Warga Cikijing OUT? Begini Kabar Terbaru Pemekaran Majalengka yang Masih Bikin Bingung





×

Baca juga: Kabar Gembira! UMK Jawa Barat 2023 Resmi Berubah, Bandung Bukan Juaranya Ternyata Wilayah Ini UMR Bisa Tembus Rp 5.158.248

Perubahan ini terutama terjadi di Pulau Papua, dengan pemekaran wilayah yang membentuk provinsi-provinsi baru yang menarik untuk disimak.

1. Provinsi Papua Selatan

Provinsi Papua Selatan menjadi salah satu provinsi baru yang terbentuk dari pemekaran wilayah Provinsi Papua. Terdiri dari empat kabupaten baru, yaitu Merauke, Mappi, Asmat, dan Boven Digoel.

Merauke, yang sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Papua, kini menjadi bagian integral dari Provinsi Papua Selatan. Kota ini bahkan diangkat sebagai ibukota provinsi dan pusat pemerintahan.

2. Provinsi Papua Tengah

Provinsi Papua Tengah juga hasil pemekaran wilayah Provinsi Papua, membawa delapan kabupaten baru ke dalam peta administratif. Nabire, sebagai ibukota provinsi, menjadi pusat aktivitas pemerintahan.

Ketujuh kabupaten lainnya yang menjadi bagian dari Provinsi Papua Tengah adalah Paniai, Mimika, Dogiyai, Deyiai, Intan Jaya, Puncak, dan Puncak Jaya.

3. Provinsi Papua Pegunungan

Provinsi Papua Pegunungan menjadi destinasi yang menarik dengan delapan kabupaten yang mencakup wilayahnya. Kota Wamena, bagian dari Kabupaten Jayawijaya, diangkat sebagai ibukota provinsi.

Kabupaten-kabupaten lain seperti Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Nduga, Tolikara, Yahukimo, Yalimo, dan Pegunungan Bintang, semuanya menyumbang kekayaan budaya dan alam Provinsi Papua Pegunungan.

4. Provinsi Papua Barat Daya

Pemekaran wilayah Provinsi Papua Barat melahirkan Provinsi Papua Barat Daya. Kota Sorong, yang sebelumnya termasuk dalam wilayah Provinsi Papua Barat, kini bukan hanya menjadi bagian dari provinsi baru ini, tetapi juga diangkat sebagai ibukota.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr