sunbanner

Siapa Sangka! Pantai Terpanjang di Madura Ini Bakal Disulap Jadi Sirkuit MotoGP Pertama di Jawa Timur, Sudah Berstandar Internasional?

Siapa Sangka! Pantai Terpanjang di Madura Ini Bakal Disulap Jadi Sirkuit MotoGP Pertama di Jawa Timur, Sudah Berstandar Internasional?

sirkuit-eugene-lim/unplash-

Kabupaten Bangkalan dan Sumenep di Madura menjadi pilihan sebagai lokasi pembangunan.

Kedua kabupaten ini bersedia menyediakan lahan kosong, dan Sumenep dinilai paling strategis karena memiliki keindahan pantai yang dapat dijadikan bagian dari sirkuit MotoGP.



Rupanya, usulan ini muncul sebagai tanggapan terhadap pencarian lokasi pembangunan sirkuit oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Pada saat itu, Sirkuit Sentul menjadi opsi, tetapi terkendala berbagai masalah.

Baca juga: Stadion Terbesar di Tasikmalaya Harus Mangkrak Sejak Tahun 2012, Habiskan Dana Rp 300 Milliar Padahal Awalnya...





×

Baca juga: Digadang Nambah Wilayah, Inilah Kabupaten Kota di 4 Provinsi Baru Bukti Hasil Pemekaran Papua, Coba Tebak Merauke dan Sorong Masuk Mana?

Meskipun Kabupaten Bangkalan bersedia mengucurkan dana APBD 2017 senilai Rp21 miliar untuk mendukung rencana tersebut, akhirnya pemerintah memutuskan Mandalika sebagai lokasi pembangunan sirkuit MotoGP.

Meski demikian, cerita tentang Madura sebagai potensi lokasi sirkuit MotoGP pertama di Jawa Timur tetap menarik untuk diingat, sebagai gambaran perjuangan dan upaya daerah dalam mengukir sejarah olahraga motor di Indonesia.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr