sunbanner

Underpass Bandara Yogyakarta DIY Buat Pengendara Takjub! Ada Kejutan Pertunjukan Dinding Menari!

Underpass Bandara Yogyakarta DIY Buat Pengendara Takjub! Ada Kejutan Pertunjukan Dinding Menari!

Bandara Terbengkalai di NTB yang Berubah Menjadi Hotel 4 Bintang, Berasa Main Sulap-sulapan,Lihat Kejutan di Lantai Atas!-Berbagai Sumber-

4. Gerakan Tari yang Terpancar dari Dinding

Setiap sisi dinding jalan bawah tanah BIY mempesona dengan ornamen penari yang seolah-olah hidup dan menari dengan indahnya.

Namun, sebenarnya ini adalah hasil dari sebuah ilusi yang menakjubkan. Untuk menciptakan kesan tersebut, sebanyak 54 ornamen penari Jathilan dan 51 penari Angguk dipasang dengan jarak tertentu, yang terbagi dalam empat gerakan.



Ketika kendaraan melaju dengan kecepatan sekitar 40 kilometer per jam, ornamen-ornamen ini seakan-akan menari di hadapan pengendara, menciptakan sensasi animasi layaknya buku flip.

Baca juga: Kabupaten Malang Raih Izin Pemekaran, Apa Kabar Tiga Kabupaten Lain di Jawa Timur?

Baca juga: Berikut 4 Kecamatan Penghasil Durian di Bandar Lampung Terbesar hingga Peroleh Rekor MURI





×

Baca juga: Kota Palopo Bakal Dicalonkan Jadi Ibu Kota Pemekaran Sulawesi Selatan yang Gak Kalah Keren! Makassar Gigit Jari Nih

5. Pintu Darurat untuk Keamanan

Jalan bawah tanah ini juga dilengkapi dengan delapan pintu darurat yang terletak di sisi kanan dan kiri. Pintu-pintu darurat ini dirancang untuk memberikan akses cepat dalam situasi darurat dan memastikan keamanan pengguna jalan.

Selain itu, dinding dan lantai jalan bawah tanah ini dilapisi dengan waterstop, sehingga mampu mencegah air masuk ke dalam struktur. Sistem jalur pembuangan dan pompa air juga telah dipasang untuk mengantisipasi genangan air saat musim hujan, menjaga agar jalan tetap aman dan terhindar dari bahaya banjir.

6. Investasi yang Mengagumkan dalam Pembangunan

Pembangunan jalan bawah tanah terpanjang di Indonesia yang terletak di DIY ini tidaklah murah. Biaya yang dikeluarkan untuk membangun struktur megah ini mencapai angka yang fantastis, sebesar Rp293 miliar.

Dengan jumlah tersebut, dana tersebut digunakan untuk memastikan kualitas, keamanan, dan keindahan jalan bawah tanah ini, serta menjamin kenyamanan dan kelancaran lalu lintas di wilayah DIY.

Inilah beberapa fakta menarik mengenai jalan bawah tanah yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang dengan segala keunggulannya, menjadi prestasi yang membanggakan bagi Indonesia.***

 

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr