sunbanner

Pesona Luar Biasa! Terbelah Ajaib di Bawah Bandara Yogyakarta, Inilah Penampakan Underpass Yogyakarta yang Punya Dinding Ajaib Bisa Menari!

Pesona Luar Biasa! Terbelah Ajaib di Bawah Bandara Yogyakarta, Inilah Penampakan Underpass Yogyakarta  yang Punya Dinding Ajaib Bisa Menari!

Penasaran! Presiden Jokowi Beri Lampu Hijau, Ibu Kota Kabupaten Nias Siap Pindah ke Area 110 Km2. Apa Alasannya?-Berbagai Sumber-

Pesona Luar Biasa! Terbelah Ajaib di Bawah Bandara Yogyakarta, Inilah Penampakan Underpass Yogyakarta yang Punya Dinding Ajaib Bisa Menari!

Ternyata, jalan bawah tanah yang mengesankan ini adalah Jalan Bawah Tanah Bandara Internasional Yogyakarta (BIY), yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, DIY, dan Kabupaten Purworejo, Jateng.



Pembangunan jalan bawah tanah BIY ini memiliki tujuan yang sangat penting, yaitu untuk mempertahankan jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang terputus akibat pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di wilayah Kulon Progo.

Baca juga: Kabupaten Malang Raih Izin Pemekaran, Apa Kabar Tiga Kabupaten Lain di Jawa Timur?

Tidak hanya menjadi jembatan yang menghubungkan dua wilayah, underpass BIY ini juga memperoleh predikat sebagai jalan bawah tanah terpanjang di Indonesia.





×

Dengan panjang mencapai 1,3 kilometer, underpass ini menghadirkan sebuah prestasi yang membanggakan.

Baca juga: Provinsi Lampung Rencana Bentuk 3 Provinsi Baru! Masa Depan Kotabumi Ini Bikin Daerah Ini Berani Lepas dari Provinsi Pusat

Baca juga: Kabupaten Malang Raih Izin Pemekaran, Apa Kabar Tiga Kabupaten Lain di Jawa Timur?

Baca juga: Berikut 4 Kecamatan Penghasil Durian di Bandar Lampung Terbesar hingga Peroleh Rekor MURI

Begitu memukau dan monumentalnya ukurannya, jalan bawah tanah ini telah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat sejak pertama kali dibangun.

Bukan hanya sebagai sebuah saluran transportasi yang efisien, jalan bawah tanah ini juga menjadi sebuah pencapaian teknik yang mengagumkan, mencerminkan perkembangan infrastruktur di Indonesia.

Tak ayal, pertanyaan pun muncul di benak banyak orang: bagaimana mungkin sebuah jalan bawah tanah dengan dimensi sedemikian rupa dapat terwujud di DIY?

Menyingkap jawabannya, diungkapkan bahwa pencapaian ini merupakan hasil kolaborasi dan kerja keras dari tim profesional yang terdiri dari insinyur, arsitek, dan pekerja konstruksi berpengalaman.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan memuaskan tentang jalan bawah tanah terpanjang di DIY ini, berikut ini terdapat beberapa fakta menarik yang dikutip dari laman resmi Kulonprogokab yang dapat menjadi sumber pengetahuan yang berguna bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam tentang keajaiban infrastruktur ini.

Cek pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr