sunbanner

Arti Pemantangsiantar Ternyata Berasal dari Bahasa Ini, Penuh Makna Mendalam! Bakal Calon Wilayah Terkaya se Sumatera?

Arti Pemantangsiantar Ternyata Berasal dari Bahasa Ini, Penuh Makna Mendalam! Bakal Calon Wilayah Terkaya se Sumatera?

daerah-tom-fisk/pexels-

Evolusi nama terus berlanjut ketika akhiran tersebut berubah menjadi awalan "si," yang digunakan dalam bahasa Simalungun untuk menunjukkan tempat dan benda.

Gabungan dari kata-kata ini kemudian membentuk nama perkampungan, menghasilkan Pematangsiantar.



Arti dari Pematangsiantar adalah Istana Raja Siattar, merujuk pada tempat tinggal Raja Siattar di Rumah Bolon atau Huta.

Baca juga: 20,4 Km dari Wonokromo! Desa Unik di Jawa Timur Ini Buat Aturan Tak Lazim Yakni Melarang Warganya Jualan Nasi dan Rujak, Lok Kenapa? Begini Alasannya

Baca juga: Warungkondang Ajak Haurwangi Pergi Dari Cianjur Usai Tak Masuk 3 Besar Kecamatan Terkecil dan Sempit Dimana Juaranya Punya Luas Hanya 26,15 km Persegi





×

Sebagai kota yang berkembang, Pematangsiantar menjadi rumah bagi berbagai etnis yang hidup berdampingan dengan harmonis.

Etnis yang mendiami Pematangsiantar meliputi Melayu, Batak Toba, Mandailing, Pesisir dan Nias, Jawa, Simalungun, serta Fakfak/Dairi.

Di antara etnis tersebut, Etnis Simalungun dikenal sebagai penduduk asli Pematangsiantar, sementara etnis Toba merupakan etnis pendatang yang turut berkontribusi dalam memperkaya keragaman budaya di kota ini.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr